Saturday, January 31, 2015

Mengenal Lebih Dekat Batu Akik Sungai Klawing


Mengenal Lebih Dekat Batu Akik Sungai Klawing
Gambar Batu Klawing yang diambil dari Google Image

Batu akik sungai klawing atau sering disebut batu klawing adalah batu mulia asli dari sungai klawing di daerah Purbalingga Jawa Tengah. Konon, batu ini adalah batu prasejarah dengan jenis batu Le sang du Christ atau batu darah kristus. Varian batu ini memiliki pancaran atau bercak warna bervariasi dan beragam corak warna dengan jumlah sampai 6 warna.

Tetapi kini, batu lain seperti pancawarna memiliki kesamaan dengan motif klawing dan biasa disebut dengan julukan pancawarna klawing. Perbedaan antara batu asli klawing dengan pancawarna dinilai dari ragam warna, biasanya pancawarna hanya memiliki warna dominan sebanyak 3 – 4 saja. Dan batu klawing sendiri memiliki bercak warna pada batu sebanyak 6 warna yaitu putih, biru, hijau, coklat, kuning dan merah.

Karena kebiasaan para tukang batu atau di kios penggosok batu yang memiliki batu dengan jenis klawing, akhirnya banyak beredar batu klawing dari daerah lain. Nah, kalau mau memiliki batu klawing asli kita harus mendapatkan bahannya atau membeli batu tersebut yang sudah jadi benar-benar langsung dari penjual di sekitar sungai klawing purbalingga.

Jenis batu ini masuk dalam kategori batu akik premium dengan kisaran harga dari 150-350 ribu rupiah. Untuk mahar yang lebih tinggi dilihat dari keunikan batu yang mampu memiliki variasi warna sangat indah. Karena harga batu sangat gelap, tinggi dan rendahnya harga suatu batu dutentukan sendiri oleh para penggemar batu jenis ini.

sumber : citrafit.com

1 comment:

  1. buat para gemstone yg minat batu klawing dan pandan klawing, invite 7cff178d

    ReplyDelete