Saturday, January 31, 2015

Tips Berburu Batu Akik di Sungai & Kenali Ciri - Ciri Batu Bongkahan





Batu akik merupakan sebuah mineral yang mengalami pengkristalan terbentuk dari proses geologi, jadi batu akik ini bisa ada dimana saja di tempat pengkristalan terjadi. Pengkristalan ini membutuhkan waktu yang sangat lama dan membentuk bongkahan berbentuk batu.
Banyak sekali orang memakai ataupun memiliki batu akik,sementara ia sendiri tidak tahu asal muasal dari batu indah yang satu ini.



Sebelum kita membahas bagaimana cara mencari batu akik di aliran sungai kita harus terlebih dahulu mengenal ciri-ciri batu akik yang masih berbentuk bongkahan, berikut adalah salah satu ciri-cirinya :
1.Tekstur luar bongkahan batu akik lebih halus dibandingkan batu biasa dan memiliki warna yang berbeda (tergantung jenis batu akiknya).
2.Batu akik lebih keras dan padat dibandingkan dengan batu kali, terkadang bongkahan batu akik tertutup kulit batu berwarna putih sehingga warna asli batu akik tidak terlihat dari luar.
Setidaknya setelah kalian sedikit tau tentang batu akik yang berupa bongkahan, mari kita bahas bagaimana cara mencari batu akik di aliran sungai :


PERALATAN
1.Palu : palu digunakan untuk memecahkan batu yang menurut pengawasan kalian itu mirip dengan ciri-ciri batu akik. Pemecahan batu cukup dibagian sudut batu agar warna dalam batu tersebut terlihat hal tersebut bertujuan untuk membuktikan apakah batu tersebut benar merupakan batu akik atau batu kali.
2.Tas : berfungsi untuk menyimpan/membawa barang bawaan yang diperlukan dan juga sebagai tempat menyimpan sementara perolehan batu akik.
Sepatu : dalam mencari batu akik di aliran sungai disarankan kalian menggunakan sepatu untuk perlindungan kaki anda, jika perlu anda gunakan sepatu buts agar tahan air.
3.Makanan & Minuman : bawalah makanan/minuman dalam proses mencari batu akik ini, agar kalian bisa lebih santai dan rileks dalam proses mencarinya. Tapi jika menurut kalian tidak diperlukan dan malah menambah beban maka makanan & minuman ini tidak perlu anda bawa.


MENENTUKAN TEMPAT
1. Carilah sungai yang menurut kalian berpotensi ada batu akiknya atau cari sungai yang orang pernah menemukan batu akik disana.
2. Setelah kalian menentukan sungai yang berpotensi, carilah lokasi sungai tersebut yang paling jarang dikunjungi oleh orang agar peluang mendapatkan batu akik lebih besar.
3. Untuk menjaga peluang dalam pencarian batu akik disarankan mencarinya di areal sungai yang berbatu.


PELAKSANAAN
Setelah peralatan dan tempat telah siap maka kalian sekarang siap turun ke sungai untuk mencari batu akik.
1. Berjalanlah menyusuri sungai dengan memperhatikan batu-batu disekitar, ketelitian kalian sangat diperlukan.
2. Jika menurut kalian ada batu yang mirip dengan ciri-ciri batu akik, ambillah palu dan pukul dibagian sudut batu untuk membuktikan apakah benar batu tersebut merupakan batu akik.


semoga bermanfaat .....

No comments:

Post a Comment