Monday, July 20, 2015

Kembang Johar Asal Cirebon Memiliki Daya Mistik




Cirebon ternyata memiliki sejumlah batu mulia yang dicari-cari oleh para kolektor dan penghobi batu akik, salah satunya adalah batu akik Kembang Johar. Batu akik ini banyak ditemukan di kawasan Gunung Jati dan Babakan tepatnya di Plangon.

Aminudin (45) salah satu pemilik batu akik Kembang Johar mengatakan, batu akik Kembang Johar hanya ada di Cirebon dan tidak ada di daerah lain. Walaupun warna dan coraknya sama, namun Kembang Johar asal Cirebon memiliki daya mistik yang luar biasa dan banyak diburu para kolektor batu akik.
"Batu akik Kembang Johar adanya di Gunung Jati dan daerah Plangon Sumber, karena di tempat itu dulunya pernah disinggahi oleh Sunan Gunug Jati Cirebon," kata Aminudin yang juga bekerja sebagai Kasie Terminal dan Parkir Dishub Kabupaten Cirebon, di kantornya, seperti yang dirilis Harian Fajar Cirebon.
Menurutnya, batu yang berwarna kuning terang dan bila terkena cahaya warnanya kuning terang itu. Banyak dicari oleh para pengusaha di Cirebon.
Konon katanya, batu itu memiliki khasiat bagi orang yang memakainya. Seperti untuk usaha, karir dan yang paling menonjol untuk pengasihan. "Batu Kembang Johar punya saya awal bulan Febuari lalu pernah ditawar Rp20 juta oleh pengusaha, tapi tidak saya jual karena susah mendapatkanya," ujar amin, sapaan akrabnya.
Amin mengatakan, batu Kembang Johar sangat jarang yang memilikinya, tapi bukan berarti tidak ada yang menggunakan, karena yang memakai batu akik tersebut biasanya hanya orang-orang tertentu saja. Seperti dari kalangan keraton dan pengusaha-pengusaha besar termasuk orang yang suka melakukan tirakat di tempat petilasan Sunan Gunug Jati Cirebon. "Untuk mendapatkan batu ini sangat susah, makanya harganya mahal dan saat ini banyak dicari orang," kata Amin.
Source: Harian Fajar Cirebon

No comments:

Post a Comment