Sunday, May 3, 2015

Cara Pakar Membedakan Solar dan Bio Solar

batu-solar-aceh-300x300 Cara Pakar Membedakan Solar dan Bio Solar
batu solar aceh
Banyak orang yang belum paham perbedaan batu solar dan bio solar. Bagi orang awam tentang batu permata biasanya malah menyamakan kedua batu ini. Padahal perbedaannya sangat mencolok apalagi harganya.
Batu akik jenis solar Aceh sekarang ini sangat digemari para gemlovers karena pesonanya dianggap melebihi batu permata lain seperti bacan, sungai dareh ataupun kalimaya. Mahal tidaknya batu ini menjadi tidak berarti bagi peminatnya yang rata-rata kaum berada. Namun anda mesti hati-hati karena sekarang ini batu solar termasuk langka ditemukan, sehingga beberapa oknum berusaha menjual solar aspal (asli tapi palsu).

Pakar batu asal Aceh yang terkenal adalah Kopjend Teuku Fadli memberikan beberapa tips untuk membedakan antara batu solar dan batu bio solar, ia dengan senang hati mau sharing ilmu khususnya mengenai batu permata asal Aceh tersebut. Ia lama malang melintang di luar negeri ((spanyol) dan sangat menaruh minat pada batu asal kampung halamannya tersebut.

Apakah Batu Solar Itu ?

Menurut Kopjend Fadli Batu Solar adalah varian III dari batu idocrase. Pada awalnya ia tidak begitu perhatikan bahkan tidak menyukai batu ini karena rata-rata batu permata mahal mempunyai warna yang mencolok seperti hijau, kuning ataupun merah. Batu Solar yang tampilannya kaku dengan warna layu kecoklatan, ternyata lambat laun menjadi lebih terkenal dibanding batuan khas Indonesia lainnya.
Batu-Bio-Solar-Aceh Cara Pakar Membedakan Solar dan Bio Solar
Batu Bio Solar Aceh

Apa Ciri Utama Batu Solar ?

Batu Solar yang telah mengkristal berwarna transparan coklat kehijauan. Permukaan batu seperti berminyak. Bang Kopjend menyebutnya dengan istilah body glass. Dan batu solar bisa berubah menjadi biosolar yang lebih cantik.
Jangan khawatir jika batu solar yang baru anda beli berwarna hijau pupus. Karena batu ini lama kelamaan bisa melakukan perubahan warna secara alami menjadi coklat kehijauan. Warna ini sangat mirip dengan warna solar (minyak diesel) sehingga batu inipun dinamakan demikian.

Apa Sih Perbedaan Solar dengan Bio Solar ?

Ibarat BBM, solar masih disubsidi pemerintah dan banyak digunakan oleh industri, sedangkan bio solar non subsidi dan digunakan oleh mobil pribadi, guyon Kopjend Fadly. Kualitas batu solar masih jauh dibawah batu bio solar, namun perlu anda ketahui bahwa batu solar juga bisa bertransformasi menjadi bio solar dengan melakukan beberapa treatment yang tepat.
Perbandingan Harga Keduanya ?
Harga batu solar tentu saja jauh dibawah harga bio solar. Batu solar dipasaran sekarang ini sekitar ratusan ribu hingga jutaan rupiah per biji, sedangkan bio solar super harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Harap hati-hati dalam membelinya karena perbedaan keduanya tipis, orang awam tak kan bisa membedakannya. “Sebaiknya beli saja batu solar karena lama-lama juga berubah menjadi bio solar,” tutup Kopjend Teuku Fadly.

hobibatucincin.com

No comments:

Post a Comment