Sunday, May 3, 2015

Membedakan Bacan Asli dan Palsu



Batu bacan kini sedang digemari dan terbukti dari tingginya permintaan di pasaran. Bersamaan dengan itu, muncul pula batu sintetis (tiruan) yang diimpor dari Tiongkok atau diproduksi di dalam negeri. Keduanya (asli dan tiruan) memang mirip, namun harganya beda jauh. Batu asli diperuntukkan bagi kalangan berduit, sementara batu tiruan diperuntukkan bagi kalangan sebaliknya.

Ada pula kalangan berduit membeli batu tiruan. Bukan karena ingin berhemat, namun tertipu. Tentu, mereka yang tertipu tak mengetahui ciri-ciri batu asli.
Apa sih bedanya batu asli dan tiruan? Berikut ini tiga cara mengetahuinya, sebagaimana dikutip dari situs akiks.com
Cara pertama: Menggoreskan batu bacan pada kaca atau cermin. Batu bacan dengan tingkat kekerasan 7 skala mohs mampu menggores kaca. Jika kaca itu tergores bisa dikatakan batu itu asli
Cara kedua: Melihat batu bacan dengan kaca pembesar. Cara ini banyak dilakukan terhadap berbagai jenis batuan kristal. Batu bacan asli jika dilihat menggunakan kaca pembesar lalu disinari (senter) akan terlihat kotoran atau serat didalamnya atau ada semacam bercak walaupun hanya sedikit sedangkan yang palsu akan terlihat mulus tanpa noda
Cara ketiga: Jika batu bacan dipanaskan menggunakan api akan keluar minyak, namun setelah dilap mengguanakan kain akan kembali seperti semula mengkilap. Sedangkan yang sintetis atau palsu tetap meninggalkan bekas warna agak kusam.

No comments:

Post a Comment