Sunday, May 3, 2015

Cara Aman Transaksi On-Line



Bisnis batu permata sedang buming sekarang ini sebagai akibat tingginya permintaan pasar atas batu yang memang indah secara kasat mata tersebut. Orang berlomba-lomba mengais rezeki dari ceruk pasar yang ada. Perlu diketahui batu permata yang berkualitas tinggi sebenarnya agak langka dan jarang diperdagangkan apalagi secara online. Batu giok Aceh kualitas super biasanya hanya bisa ditemukan di kontes-kontes gemstone, itupun para kolektornya tidak melegonya.

Heboh batu permata membuat masyarakat masing-masing daerah di seluruh Indonesia latah mengeluarkan batu asli daerahnya. Kemudian dikait-kaitkan dengan batu permata yang sudah terkenal kualitasnya. Yang sangat mengherankan kok bisa satu daerah memiliki banyak jenis batu permata mulai jenis solar, bacan, kalimaya hingga kalsedon. Biasanya tiap daerah ini mempunyai batuan khas sebagai contoh batu pancawarna garut, batu sungai dareh dharmasraya ataupun batu kalimaya banten. Hal ini juga terjadi pada toko online, mereka bisa menjual batu permata berbagai macam jenis dalam jumlah yang sangat banyak, kira-kira darimana dapatnya ya..hehehe..
Bertransaksi batu permata secara online memiliki resiko lebih besar dibanding membeli langsung ke toko batu. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan deal untuk membeli. Gambar batu di toko online tidak mencerminkan ukuran, warna dan kilauan batu yang sebenarnya, karena gambar elektronik bisa dengan mudah diedit. Seperti halnya barang dagangan lain, banyk pembeli batu permata merasa sangat kecewa dengan batu yang ia beli di sebuah toko online. Oleh karena itulah perlu dicermati tips praktis untuk melakukan pembelian batu permata melalui internet.

Tips Cerdas Membeli Batu Permata Online

Sertifikat. Penjual batu permata harus memberikan spesifikasi batunya dengan jelas dan jujur. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya serfikat dari laboratorium gemologi yang terpercaya seperti ACC Gem Lab, GRI Lab, SKY Gem Lab dan lain-lain.
Jenis Batu Permata. Para pembeli batu permata wajib memperhatikan keterangan lebih rinci mengenai batu permata yang dijual. Jenis dan asal batu tersebut akan menunjukkan kualitas sebuah batu permata.
Foto & Video. Karena banyaknya penipuan melalui gambar, sebaiknya lebih mempercayai video yang biasanya lebih real. Sehingga jika dirasa tidak cocok antara barang dengan video saat batu tersebut datang, pembeli dapat mengklaim untuk dikembalikan. Jika hanya ada gambar, minimal gambar yang ditampilkan dari 4 sisi (atas, kiri, kanan dan bawah).
Mekanisme Retur. Pilih yang mempunyai mekanisme pengembalian barang yang lebih jelas dan menguntungkan kedua belah pihak. Seperti barang bisa dikembalikan jika tidak sesuai. Pembayaran melalui pihak ketiga biasanya lebih aman dibandingkan pembayaran langsung ke penjual.
Toko Online. Perhatikan toko online yang menjual batu permata, jika toko tersebut belum begitu terkenal atau belum ada yang merekomendasikan, jangan pernah berani membeli ke situs tersebut. Sebaiknya cari penjual yang lokasinya satu daerah dengan anda, sehingga mudah dalam hal pengamatan langsung, pengantaran maupun retur.
Ciri-ciri Batu Permata. Amati dengan teliti jenis batu permata yang rencana anda beli. Toko online terpercaya mempunyai halaman contact us untuk memberikan kesempatan pembeli bertanya. Tanyakan pertanyaan mendasar mengenai ciri-ciri batu permata seperti corak, warna, transparansi dan asal batu. Jika diperlukan tanyakan juga apa ada retak pada batu permata? Apa ada lubang halus pada permukaan batu? Apakah cahaya tembus saat disenter dari bawah?
Itulah beberapa tips yang mesti anda perhatikan sebelum membeli batu permata melalui situs online. Sebaiknya kenali lebih dahulu batu yang anda incar,Semoga anda bisa cermat membeli batu permata, terima kasih.

No comments:

Post a Comment