Monday, January 7, 2013

Batu Lumuik Sungai Dareh ( Giok Batanghari )




BATU LUMUIK Sungai Dareh atau yang lebih dikenal batu Giok Batanghari merupakan batu permata yang dimiliki Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, bahkan batu lumuik Sungai Dareh ini menjadi salah satu ikon di Bumi Cati Nan Tigo ini.

Dimana bentuk keunikan dan warna yang dimiliki batu Lumuik menjadi incaran bagi para kolektor cincin yang tidak hanya datang dari masyarakat lokal Dharmasraya saja, para kolektor dan pecinta cincin juga datang dari berbagai daerah yang ada di Indonesia bahkan dari Mancanegara yang kebanyakan datang dari China memburu batu permata giok Batanghari ini untuk dijadikan barang koleksi atau barang perhiasan bagi para kolektor cincin dan juga bagi para pecinta batu cincin.

Ada dua warna yang menjadi incaran para pemburu cincin yakni pucuk pisang dan kumbang Janti. Kedua warna ini merupakan batu lumuik terbaik yang ada di Kabupaten Dharmasraya, dimana batu cincin ini harganya mulai dari ratusan ribu rupiah bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.
 
Saat ini Batu Lumuik Sungai Dareh banyak diperjual belikan, untuk mendapatkan Batu Lumuik Sungai Dareh yang asli anda bisa berkunjung ke Pasar Lama Kenagarian (Desa) IV Koto Pulau Punjung, Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Disana beberapa penjual batu lumuik Sungai Dareh menawarkan varian batu lumuik dengan berbagai macam harga, sesuai dengan kualitas dari batu lumuik tersebut. semakin bagus bentuk dan warnanya, semakin mahal juga harga dari batu tersebut.

3 comments: