Tuesday, January 22, 2013

OPAL AUSTRALIA ( Kalimaya Australia )

Semua warna alam dan kemegahan ditemukan dalam batu Opal. Opal adalah permata yang paling berwarna-warni dari semua permata. Semua warna pelangi dapat ditemukan di dalamnya, bersama dengan bagian dalam yang berbentuk seperti api yang terselubung hal mistis telah membuatnya begitu populer. Permainan warna yang indah tak tertandingi di batu permata lainnya. Bahkan karena keindahan warnanya, sebuah opal mungkin bernilai lebih dari berlian dari segi artistiknya.
Opal adalah permata yang sangat indah untuk disaksikan. Permainan warna yang berubah tergantung dari sudut mana ia dipandang. Opal dapat membuat warna berkedip sehingga menghasilkan warna yang berbeda. Distribusi dan intensitas warna yang berkedip merupakan factor utama dalam menentukan nilai opal.




Batu ini banyak ditemukan di Australia, di mana tambang Autralia memasok hingga hampir 95 persen dari semua opal. Sisanya batu opal ditambang di Meksiko, Brasil dan dalam beberapa Negara bagian AS, seperti Idaho dan Nevada. Baru-baru ini, telah menemukan opal di Afrika yakni di negara Ethiopia dan Mali. Namun batu Opal yang terbaik adalah batu opal yang dihasilkan di tambang Australia. Sebagian besar batu opal Australia termasuk kelas wahid.

Batu Opal diklasifikasikan dalam dua kelas. Opal yang menampilkan permainan warna yang indah dikenal sebagai opal berharga (kelas wahid) dan sebaliknya batu opal yang konfigurasi warnanya terlihat kurang, diklasifikasikan sebagai opal umum. 



Ada banyak varietas yang berbeda dari kedua jenis opal, baik itu opal umum maupun yang bagus/ berharga. Di antara mereka semua, yang paling bagus adalah black opal. Batu ini memiliki karakteristik warna pada biru gelap, latar belakang hijau atau hitam gelap. Varian bernilai tertinggi kedua adalah putih, baik putih, kuning atau krem, dengan permainan warna yang kuat. Di Negara Meksiko banyak ditemukan fire opal. Biasanya berbentuk  transparan merah jingga serta didalamnya terdapat permainan warna yang menyerupai api



Dalam dunia Opal, juga dikenal Opal doublet. Batu ini merupakan sintetis, tiruan dari batu opal. Opal Doublet tebentuk dari potongan-potongan tipis atau irisan opal berharga yang menempel ke bahan matriks. Dengan kata lain Opal Doublet ini adalah batu permata lain yang bagian luarnya dilapisi irisan batu Opal natural. Permata Semacam ini jauh lebih murah daripada batu opal yang natural. Untuk itulah jika anda berniat membeli batu Opal, maka harus hati-hati. Salah salah kita bisa tertipu dengan opal doublet.

4 comments:

  1. Salam buat bung Lukil Araya...

    thx atensinya...

    ReplyDelete
  2. ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╦╦╦╗
    ║║║║║║║╠╗╔╣║║║║║║║
    ║║║║╦║║║║║║╦║╔╬╬╬╣
    ╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝╚╩╩╝..

    ReplyDelete