Thursday, October 18, 2012

Cubic Zirconia


Cubic Zirconia merupakan perhiasan artifisial dari berlian. Permata ini merupakan produk laboratorium kristal kubik yang terbuat dari senyawa zirkonium dioksida. Cubik zirkonia, atau CZ, memiliki karakteristik menakjubkan yang menempatkannya sejajar dengan Berlian asli dalam  hal kualitas, penampilan dan utilitas. Permata Ini merupakan kristal dengan kekerasan tinggi. 
Cubik Zirkonia pertama kali ditemukan oleh dua mineralog Jerman pada tahun 1937, tidak sampai 1980, kubik zirkonia di produksi massal kemudian dijual secara komersial.

Karena artifisial, CZ diproduksi secara komersil di seluruh dunia. Permata ini cukup murah, namun memiliki semua kualitas berlian dan bebas dari segala bentuk ketidaksempurnaan atau cacat yang berlian asli mungkin miliki, sehingga membuatnya terlihat lebih sempurna. Cubic Zirconia memiliki skala kekerasan 8,5 Mohs, sedangkan Berlian asli memiliki kekerasan 10 Mohs. 

Perhiasan CZ tahan  hingga suhu 2540 derajat Celcius. Cubik zirkonia memiliki fleksibilitas yang lebih besar serta dipotong sempurna dengan presisi tinggi. Permata ini kebanyakan diproduksi dengan bentuk simetris. 

Cubik Zirkonia benar-benar transparan. Berlian asli, jarang memiliki kualitas yang bagus, karena biasanya masih tedapat bintik-bintik hitam didalamnya. Mereka jarang simetris dan dibutuhkan pengrajin yang sangat terampil untuk memotong mereka agar berbentuk simetri. Berlian asli, mengandung kotoran dalam bentuk warna sehingga seringkali terlihat buram dan tidak begitu transparan. Dibutuhkan keahlian dan kaca pembesar untuk membedakan CZ dengan Berlian nyata. Jika dilihat dengan mata telanjang praktis tidak ada perbedaan antara CZ dan berlian kualitas terbaik.

Untuk mata yang tak terlatih sangat sulit untuk membedakan antara Cubik zirkonia dan berlian asli. Namun sebuah Cubik Zirconia dapat dilihat memiliki kecemerlangan sedikit kurang dari berlian asli, perbedaannya yang sangat sedikit bahkan untuk seseorang dengan mata yang terlatih seringkali sulit membedakan.

Kualitas Cubik zirkonia ditentukan cara yang sama seperti berlian, kita menggunakan empat C (potong, warna, kejelasan dan karat) untuk menilai kualitas dan nilai dari sebuah cubik zirkonia, Perbedaan antara Cubik Zirkonia dan berlian asli adalah beratnya. Sebuah Cubik zirkonia memiliki berat 75% lebih berat dari berlian asli. Oleh karena itulah ketika membeli kubik zirconia kita harus membeli dengan ukuran fisik daripada berat karat seperti kita lakukan ketika membeli berlian asli.

No comments:

Post a Comment