Monday, March 26, 2012

Mengenal Batu PIRUS ( Turquoise )



Batu Pirus. Sering kita dengar orang yang umumnya berusia menyebut batu biru bergurat dengan sebutan Pirus. Memang batu Pirus banyak dipakai di segmen usia 40 tahun keatas. Pirus bernama lain Turquoise atau fairus, merupakan campuran fosfat tembaga dan alumunium ada juga yang menyebut sebagai campuran tanah, kapur, dan batu. Tak heran ada batu Pirus yang terlihat gurat-gurat putih. Batu Pirus atau Turquoise memiliki corak bermacam-macam, yang paling umum dijumpai adalah bermotif sarang laba-laba dilatari warna biru atau hijau. Warna dasar Turquoise adalah biru seperti langit, biru muda kehijauan hingga ke hijau muda. Warna biru berasal dari tembaga ,ferum (besi), dan aluminium. Batu Pirus atau Turquoise berasal dari Semanjung Persia (Iran, Israel, Afghanistan, Sinai), Nevada, Carlifornia, New Mexico, dan Arizona.





Ditinjau dari skala kekerasan yang dimiliki, Batu Pirus atau Turquoise memiliki kekerasan antara 5-6 pada skala Mohs. Hal inilah yang mengakibatkan sebagian ahli menyebut sebagai batu setengah permata, dan tergolong permata kelas III. Tapi dari sisi keindahannya, Batu Pirus tetap memiliki tempat dihati para pecinta anugerah Illahi yang berupa batu Pirus ini. Di Pasar Indonesia, harga Batu Pirus atau Turquoise tidaklah terlampau tinggi. Untuk per gram batu mentah dibandrol Rp 4.000/gram. Tapi kalo sudah dipotong dan dipoles, pembeli dapat merogoh saku sekitar Rp 20.000 – Rp 500.000,- tergantung kualitas dan usuran Batu Pirus yang ada. 
Di pasaran dunia, Batu Pirus mempunyai harga yang baik di pasaran. Batu Pirus dari Persia hádala Pirus yang berharga di pasaran karena memiliki warna biru atau hijau tanpa sebaran jalur. Seperti yang terjadi dipasarm bahwa Batu Pirus pun tak lupus dari praktik pembuatan sintetik baik legal maupun ilegal. Ironisnya, sulit sekali membedakan antara batu Pirus asli atau imitasi. Apalagi sudah dibuat menjadi perhiasan, atau gelang yang dibuat indah berbalus emas atau perak. 
Umumnya, turquoise dipergunakan dalam bentuk cincin, kalung, dan giwang dan seringkali dijual secara serangkai. Selain itu, gelang, gelang kaki, dan liontin juga turut mempresentasikan bebatuan yang eksotik ini. Bahkan, bebatuan yang sering disebut dengan nama pirus ini juga hadir dalam bentuk kepala sabuk, bros, bahkan hiasan di atas selop wanita.
 
Pirus dan Mitos khasiat yang menyertainya
Dari beberapa info, pertama kali Batu Pirus digunakan sekitar 7000 tahun yang lalu, berarti dibanding Lapis lazuli, batu Pirus 500 tahun lebih awal dikenal sebagai permata. Hal ini terbukti dengan ditemukannya Pirus sebagai alat solekan di Mesir Purba dan menjadikannya celak mata. Para ahli menemukan bahwa di suku Inca kuno dan Mesir menggunakan Batu Pirus sebagai perhiasan bagi menghias mayat golongan bangsawan sebelum dimakamkan. Tak heran bila banyak makam bangsawan Inca kuno dibongkar kuburnya untuk mendapatkan harta berupa batu ini sebelum kuburan dimusnahkan.
Orang Barat menganggap Batu Pirus sebagai batu yang mempunyai berbagai keistimewaan dari segi penyembuhan penyakit. Sedangkan di suku Puak Red Indian dahulu meletakkan Batu Pirus pada busur panah sebagai kepercayaan mereka bahwa batu Pirus dapat membantu mereka memanah pada sasaran yang tepat. 
Tidak hanya berkutat seputar sejarah, untuk masa kini Batu Pirus diyakini dapat membantu profesi akuntan dalam bekerja karena diyakini dapat membawa pada relaksasi mental dan pikiran karena perasaan was-was atau bingung. Tak hanya itu, Illahi memberikan anugerah berupa manfaat untuk mengatasi penyakit paru-paru, syaraf, mata, penyakit di kerongkongan. Pirus pun mampu menguatkan jantung, memperbaiki peredaran darah, keracunan dalam darah, dan memulihkan tenaga. 
Memahami Batu Pirus Asli dan Imitasi 
Banyak dikenal Batu Pirus adalah warna biru, bebatuan ini sebetulnya mempunyai banyak variasi warna. Semakin tinggi kandungan tembaganya, maka semakin biru warna bebatuan ini. Sebaliknya, jika kandungan besinya yang lebih tinggi, maka warna turquoise cenderung ke arah hijau. Ini, tentu saja, bila merupakan turquoise asli.
Sedang turquoise imitasi, tentu tidak mengenal ‘hukum’ semacam itu. benda ini biasanya merupakan hasil olahan laboratorium. Dengan begitu, warna yang dihasilkan juga cenderung seragam, mendekati biru. Turquoise imitasi yang berwarna pucat dibuat dengan menutupkan wax atau minyak untuk membuyarkan warnanya. Hanya saja, biasanya warna ini tidak akan permanen sifatnya. Bagaimana membedakan turquoise asli dan palsu? Turquoise asli, akan tetap berwarna biru sampai ke dalam kendati patah. Sebaliknya, yang palsu atau Aspal apabila dipotong maka warna birunya tidak sampai dalam.

Sekarang tinggal anda yang bisa menjawab, bagaimana dengan anda? Tertarik untuk memiliki Batu Pirus?


Sumber: http://satrio74.wordpress.com

43 comments:

  1. gi mnah cara.x memilih batu pirus yg ad kodam.x . . . ?

    ReplyDelete
  2. s'lam kenal jg buat moh. allen, semua batu yg berkhodam biasanya memiliki getaran khusus sebagai tanda bahwa batu tersebut ter masuk katagori batu yg memiliki kehidupan. cara untuk mengetesnya adalah dg :
    1. memegang batu tersebut dg telunjuk dan jempol, kemudian rasakan getaran alami yg dihasilkannya, biasanya seperti kedutan atau detak diujung jari jempol kita, butuh konsentrasi dan ketenangan pada saat melakukan pengetesannya.
    2. dengan merasakan aura batu tersebut, tidak semua orang cocok dg berbagai batu akik maupun batu mulia, untuk itulah perlu kiranya kita memperhatikan warna dan pedoman bulan kelahiran kita, hal tsb dibahas pada blog ini. kalau batu memiliki khodam biasanya pada saat kita memakainya agak sedikit berdiri bulu kuduk kita. yang menandakan ada kehidupan lain dibatu tersebut.
    itulah sedikit cara yang admin ketahui mengenai pengetesan batu, ada banyak cara untuk mengetes batu, mungkin dari rekan yang lainnya bisa menambahkan uraian ini, thx atensinya..

    ReplyDelete
  3. salam kenal saya memiliki berapa batu akik sejenisnya jika berminat hub 085649924278

    ReplyDelete
  4. salam kenal juga buat beking king....
    silahkan bagi para pemirsa yang berminat batu akik bisa menghubungi nomor diatas

    ReplyDelete
  5. Mau tanya pak klw batu siam itu ada yg asli atau semua proses mksh Bpk

    ReplyDelete
  6. Salam kenal om.... baru-baru ini sy suka dengan batu cincin, dan dari sekian banyak batu ternyata hanya batu Pirus yang jadi incaran saya, alhamdulillah saya sudah mendapatkan satu batu pirus dari teman yang katanya jenis Pirus Persia urat emas lengkap dengan ring nya. warnanya tosca cendrung ke arah warna biru ada serat berwarna agak coklat emas... namun sy agak sedikit kurang sreg dengan ring nya yang terlihat besar sehingga batu terlihat tidak menonjol/kebanting dibanding dengan ringnya... mohon bisa dikasih saran ring yang cocok seperti apa ya? dan apakah harus pernekel/aloy atau cor perak ya? kalau boleh tau buka dagangan dimana ya om? terima kasih atas saran dan bantuan

    ReplyDelete
  7. salam kenal kembali buat mas dedi kris...
    setahu saya memang batu siam merupakan batu sintetik yang merupakan salah satu produk yg dihasilkan dari perusahaan chattam corp, (rusia) sebagai duplikat ruby.
    Merah Siam Rose tidak memiliki bentuk yang tercipta secara alami, sehingga serangkaian proses diperlukan untuk mendapatkan bentuk yang sesuai dengan keinginan.....
    walaupun demikian, harga kisaran batu siam relatif tinggi karena keindahan warna dan cuttingnya. selamat berburu batu siam

    ReplyDelete
  8. salam kenal buat bung giant squit...
    batu pirus merupakan salah satu batu yang memiliki keindahan yang luar biasa. karena batu tersebut banyak dipakai oleh kalangan pejabat di persia ( iran ). tekturnya unik apalagi pirus urat emas yang biasanya bewarna biru muda dg urat-urat yang berwarna keemasan. batu pirus sebaiknya diikat dg ring yg terbuat dari perak, untuk memunculkan warna dominan dari batu tersebut. ada baiknya ukuran batu berimbang dg ukuran ring/ikatnya.
    klo boleh sy sarankan sebaiknya anda mengganti ring tsb, biasanya para pedagang batu memiliki bermacam-macam ukuran ring yang sesuai dg batu. klo anda bingung sebaiknya anda menuju ke pasar batu jatinegara........semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Minta lebih jelas batu pirus asli sama palsu,saya punya batu pirus biru langit uratnya emas.tapi saya masih ragu??tolong penjelasan

    ReplyDelete
  10. salam buat boenksoe chianjoer...

    pembahasan mengenai batu pirus sy rasa sudah cukup jelas diatas. sayangnya anda tidak memberikan gambar/picture dari batu pirus anda. silahkan anda kirimkan kepada gambar batu pirus anda ke alamat akikmurah@gmail.com
    nanti sy bantu untuk menganalisa batu anda, thx

    ReplyDelete
  11. Salam perbatuan bpk,,saya mau tanya memakai batu yg baik itu nempel di kulit atau di pakai biasa aja pak,,mksh pak

    ReplyDelete
  12. yang mana saja bisa, tergantung kebiasaan dan keyakinan. klo mo buat cincin pasti pake ring/ikat. klo mo buat liontin itu bisa pake ikat liontin atau batunya di lubangi.. thx atensinya

    ReplyDelete
  13. saya baru juga dalam hal perbatuan mas, salam kenal, saya memiliki batu topas kuning yang saya dapatkan dari seorang teman, setelah saya baca diinternet ternyata bulan lahir saya sama dan pas dengan karakter batu ini, mohon info detailnya mas mengenai batu topas kuning ini

    mohon dikirim ke : info@energi-reiki.com

    terima kash

    http://www.energi-reiki.com

    Free Attunement REIKI

    ReplyDelete
  14. salam kenal buat bung HERU PARWOTO

    Batu topaz terdiri dari alumunium oxide dan kiezelzuur. Batu topaz mempunyai nilai keras 8 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke empat setelah intan, corundum dan cheysoberyl. Batu topaz di Indonesia dikenal dengan berbagai nama seperti daud, mirah cempaka dan batu selong. Walaupun batu topaz termasuk batu yang amat keras namun batu tersebut tidak boleh terbentur terlampau keras juga dan dalam perubahan suhu yang hebat secara tiba-tiba dapat membuat batu topaz retak.

    Di masa lalu kebanyakan orang berpikir semua batu kuning adalah topaz dan semua batu jenis topaz haruslah berwarna kuning. Warna batu topaz juga bermacam-macam diantaranya warna coklat, merah muda, ungu dan biru. Adapun juga yang tidak berwarna atau transparan dan ada juga yang memiliki beberapa warna namun yang paling diminati atau dicari adalah yang berwarna merah keemasan atau jingga dan yang paling murah dan umum yang berwarna biru (biasanya diperoleh dari Cina). Tidak sedikit penghimpun batu-batu mulia yang tidak bisa membedakan antara batu topaz dengan mirah kuning padahal mereka berdua jelas-jelas berbeda. Kini kebanyakan topaz warna biru telah melalui proses radiasi dan pembakaran.

    Batu topaz yang berkualitas bagus mempunyai kilau yang sangat tinggi, terang, warnanya bening dan dingin jika disentuh bahkan licin. Apabila menggosok batu topaz ini dengan keras batu ini dapat mengeluarkan api atau hawa listrik yang menarik potongan kertas kecil-kecil.

    Jika anda takut membeli batu topaz yang palsu dianjurkan untuk membeli bromoform (semacam cairan )di apotik. Masukkan batu itu ke dalam bromoform tadi, jika batu itu tenggelam maka batu itu adalah batu topaz asli dan jika mengambang maka batu topaz itu palsu. Hal ini berbeda untuk menguji batu aquamarine yang disebut asli jika batu aquamarine tersebut mengambang di cairan bromoform.
    Penghasil terbesar batu topaz adalah Minas Gerais, negara bagian Brazil. Selama 300 tahun daerah distrik Ouro Preto (Brazil) menjadi pemasok topaz terbesar di dunia dengan topaz warna kuning, merah-muda dan oranye. Negara-negara lainnya adalah Amerika, Pakistan, Srilanka, Rusia, Jerman, Mexico, Australia dan Myanmar. Kristal topaz seringkali ditemukan dengan berat berkilo-kilo.

    Kegunaan atau manfaat
    Batu topaz dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain meningkatkan ketegasan dan berpikir logis, memberi penglihatan tajam dan kesabaran, membawa kebahagiaan, menolak penyakit-penyakit bahaya tertentu seperti penyakit gila dan melindungi pemakai dari ancaman bahaya.

    ReplyDelete
  15. Salam kenal om .... belakangan ini sy suka dengan batu dan saya punya batu jenis Pirus, hanya batu Pirus yg saya punya itu polos, tidak ada uratnya, warnanya biru langit dan ada putuinya sedikit di pinggir, apakah ada jenis pirus yg seperti itu? dan sy punya batu kalimaya yg karena ragu itu asli atau tidak menurut adik sy harus di bakar, klw meleleh itu palsu, tapi batu yg sy punya tidak meleleh....hanya karena setelah dibakar sy celupkan diair, kemudian jadi terbelah dua, bagaimana membedakan kalimaya asli dan palsu?

    ReplyDelete
  16. salam pak..
    mau nanya nich...
    untuk jenis batu kinyang air yg bewarna jernih khasiatnya apa saja ya pak..

    demikian

    salam

    ReplyDelete
  17. Pa saya lahir minggu pahing kelahiran 1985..saya punya batu pirus cocok ga ya,,,aura batu pirus buat penarik rejeki bisa ga?terima kasih pa sukses selalu...

    ReplyDelete
  18. salam buat bung rudie....
    klo berdasarkan ciri 2x batu pyrus spt. yg anda maksudkan adalah jenis batu pyrus lokal. karena biasanya batu tsb berwarna cerah tanpa ada urat yg kasar terlihat.
    kemudian ulasan mengenai batu kalimaya anda, mmm.. jujur saya kaget mendengar penuturan anda tentang test batu dg cara dibakar....
    yg baik adalah dg mengetest-nya melalui alat tester batu. mungkin anda terlalu lama membakar batu tersebut sehingga batu terlalu memuai yg mengakibatkan pecah atau retak.

    ReplyDelete
  19. Salam kenal buat Istrikoe Imelda...
    Kinyang Air memiliki kekerasan sekitar 6-7 skala mohs dan mengandung unsur kimia Silikon, Besi dan Alumunium. Keterangan : Apabila di lihat bening seperti kaca pada umumnya pada bagian dalam batu jika di teliti dan di amati serta di tambah sedikit fantasi, tampak memiliki serabut halus, warna dan cerah terang menembus. pada zaman dahulu jenis batu ini di sangka “ Air Batu ” atau es karena beningnya yang tak dapat hancur/lumer akibat hawa yang sangat dingin.
    manfaat batu ini biasanya adalah sarana untuk ketenangan hati, karena sifat batu ini yang dingin. adapula yang mengartikan sebagai memberi ketetapan dan ketenangan dalam menempuh segala ujian hidup, melindungi diri dari segala kejahatan da terhindar dari penyakit yang menular, memberi keberuntungan dalam hisup, menguatkan kekuatan tekad dalam diri, dan menolak kesengsaraan dalam menghadapi maut, dll. Relevansi Profesi : Praktisi bidang spiritual, seni budaya, bidang pendidikan, wirausaha, agrobisnis, perdagangan, pejabat pemerintahan, pelayanan masyarakat, media masa, kemasyarakatan, dll.

    ReplyDelete
  20. Salam buat aska anugrah...

    sayang anda tidak menyebutkan tanggal dan bulan kelahiran anda...
    batu pyrus cocok untuk yang lahir pada zodiak Aquarius (20 Jan-18 Feb. ). kalau urusan piranti penarik rejeki dalam perdagangan mungkin banyak, tidak hanya menggunakan batu tapi bisa dg piranti lainnya. batu pyrus memang biasanya diburu oleh pada pedagang, karena aura batu tersebut memang bagus untuk menarik pelanggan. terlebih jika batu pyrus tersebut berurat emas yang biasanya berasal dari persia.
    thx atas atensinya...

    ReplyDelete
  21. Salam kenal mas... Mas saya baru dalam perbatuan, mohon bantuannya, saya beberapa waktu lalu membeli batu pirus biru yg ada urat emasnya, saya ragu kemudian saya gosok di kaca tapi kemudian warnanya agak memudar dan keluar daki putih di kacanya, apakah batu saya itu asli ya mas apa tidak? Terimakasih atas jawabanya...

    ReplyDelete
  22. salam buat bung heljulius..

    sayang sy anda tidak menyertakan gambar batu tsb. anda bisa mengirim gambar batu tsb via email : akikmurah@gmail.com
    mudah-mudahan sy dpt membantu anda.... thx

    ReplyDelete
  23. Pirus urat merah katanya langka.. Cekidot...
    http://magaitu.blogspot.com/2013/09/batu-peroso-ure-dara-pirus-urat-merah.html

    ReplyDelete
  24. mohon maaf, saya mau tanya.. batu pirus yang saya miliki ini asli nda..? mohon diperjelas.. makasi Pak..
    https://www.facebook.com/eto.sugin/posts/340438639426428?notif_t=like

    ReplyDelete
  25. mantab boss...
    aku ada pirus yg tembus cahaya
    silahkan cek ; http://dunia-islamiku.blogspot.com/2014/01/batu-pirus-turquoise-tembus-cahaya.html

    ReplyDelete
  26. Salam pecinta batu.
    Saya arif,saya pemula di dunia batu akik,namun saya sdh jatuh hati.saya mempunyai beberapa jenis batu.namun saya tidak bisa membedakan yang mana sintetis n yang alami.apakah ada alat tuk menguji batu tanpa harus ke lab.kalau ada apa nama alatnya.? N jenis batu apa yαηƍ cocok tuk saya di bulan januari.mhon pencerahannya.trims

    ReplyDelete
  27. salam mas arif...

    kalau anda mau menguji keaslian batu mulia dengan membeli alat uji, maka saya tidak menyarankannya karena akan merogoh kocek yang lumayan dalam. sebaiknya anda datang saja ke penjual batu mulia untuk ditest dengan peralatan test batu yang mereka miliki.....
    untuk kelahiran bulan januari sebaiknya anda menggunakan batu garnet, karena batu garnet dapat mewakili sifat dan pembawaan bagi mereka yang lahir di bulan januari
    untuk lebih jelasnya silahkan dibuka : http://kakilimagems.blogspot.com/2012/03/menurut-info-batu-mulia-digolongkan.html

    thx atensinya

    ReplyDelete
  28. Maaf pak saya mau tanya batu yg cocok untuk tgl lahir sya apa ya?? Sya lahir 08 desember 1993. terima kasih pak

    ReplyDelete
  29. salam bung Indra Ferdiansyah....

    untuk kelahiran bulan Desember sebaiknya menggunakan batu Blue Topaz ( topaz biru ).
    silahkan disimak pembahasannya pada : http://kakilimagems.blogspot.com/2012/03/menurut-info-batu-mulia-digolongkan.html

    thx atas atensinya

    ReplyDelete
  30. halo pak, sy pemula dalam dunia perbatuan, ada beberapa hal yg sy ingin tanyakan.
    1. sy memiliki pyrus warna biru tua yg dominan dr pada uratnya dgn urat hitam yg sedikit, kira2 itu jenis pyrus apa pak?
    2. apakah pyrus cocok dipakai oleh orang yg berzodiak taurus?
    3. apa manfaat dr btu tiger eye?

    sekian dan terimakasih pak :)
    salam.

    ReplyDelete
  31. salam bung katanya....

    1. jenis batu pyrus anda kemungkinan besar berjenis pyrus biru arab, karena seratnya berwarna hitam

    2. kalau anda berzodiak taurus sebaiknya menggunakan batu sapphire atau intan ( diamond ). untuk lebih jelasnya silahkan disimak : http://kakilimagems.blogspot.com/2012/03/kupas-tuntas-batu-mulia-berdasarkan.html

    3. Kegunaan atau manfaat
    Batu mata harimau atau tiger eye dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain;
    1. Mempunyai pengaruh bagus untuk kesehatan mata.
    2. Mencegah kecanduan alkohol, tembakau dan zat stimulan lainnya.
    3. Menyembuhkan penyakit perut tertentu seperti pencernaan, empedu atau luka.
    4. Melindungi pemilik dari binatang buas ketika berada di hutan belukar, oleh karena itu pengawas hutan jati banyak membawa batu ini.
    silahkan disimak di : http://kakilimagems.blogspot.com/2012/03/tiger-eye.html

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Salam kalau di Foto profile saya ..ini pirus Apa mas..pirus persia atau bukan mas?

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. salam kenal mass..
    saya punya batu pirus tetapi warna nya tidak mengkilat..
    menurut mas itu batu pirus asli atau palsu..
    Demikian terimakasih .
    Wasalam ...

    ReplyDelete
  36. Salam kenal,
    Saya memiliki batu pirus asli(menurut sertifikatnya Natural Turquoise) namun saya tidak tahu dari jenis batu pirus apa dan berasal dari negara mana. Gambarannya adalah, warna biru pirus, tdk ada urat/polos hanya ada titik kecil warna hitam beberapa saja, dan tembus cahaya/transfaran.
    Demikian yg ingin saya ketahu, terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kirimkan fotonya ke alamat email saya : akikmurah@gmail.com

      Delete
  37. salm, bgmna membedakan batu blue topas asli dan bukan kaca ? apa jika dmasukan bromofom sama2 tenggelam ? trims

    ReplyDelete
  38. salm kenal, maaf mo tanya bgmana membedakan batu blue topas asli dg yg palsu, apakah jk dasukan bromofom kaca jg tenggelam ? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam bung udin

      setahu saya walaupun sama sama dimasukan bromofom antara yg asli dan sintetik ya... sama sama tenggelam, karena memiliki massa berat jenis. untuk membedakan yang asli dan palsu adalah dg melihat urat batu pyrus yang kebanyakan kasar dan menggosok batu tersebut dg bahan kasar yang biasanya kalau batu asli akan mengeluarkan serpihan-serpihan halus berwarna agak putih

      Delete
  39. Terimakasih atas informasi yang diberikan, setidaknya menambah pengetahuan tentang bebatuan. salam kenal pak, mohon maaf sebelumnya, saya ingin menanyakan, apakah benar ada batu pirus yang bewarna ungu dan mempunyai serat emas seperti batu pirus pada umumnya ? apakah batu pirus bewarna ungu serat emas ini merupakan batu asli atau batu imitasi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kirim fotonya di email : akikmurah@gmail.com

      Delete