Thursday, January 9, 2014

Batu Lintang/Calcite



Batu Lintang/Batu Calcite merupakan mineral utama pembentuk batugamping, dengan unsur kimia pembentuknya terdiri dari kalsium (Ca) dan karbonat (CO3), mempunyai sistem kristal Heksagonal dan belahan rhombohedral, tidak berwarna dan transparan.
Unsur kalsium dalam kalsit dapat tersubtitusi oleh unsur logam sebagai pengotor yang dalam prosentasi berat tertentu membentuk mineral lain. Dengan adanya substitusi ini ada perubahan dalam penulisan rumus kimia yaitu CaFe (CO3)2 dan MgCO3 (subtitusi Ca oleh Fe), CaMgCO3, Ca2MgFe (CO3)4 (subtitusi oleh Mg dan Fe) dan CaMnCO3 (substitusi oleh Mn).

Sifat fisika dari kalsit adalah bobot isi 2,71; kekerasan 3-4 (skala Mohs); bentuk prismatik; tabular; pejal; berbutir halus sampai kasar; dapat terbentuk sebagai stalaktit, modul tubleros, koraloidal, oolitik atau pisolitik. Warna kalsit yang tidak murni adalah kuning, coklat, pink, biru, lavender, hijau pucat, abu-abu, dan hitam.



Batu Lintang/ kalsit terbentuk oleh Aktifitas ledakan Gunung api jutaan tahun yg lalu.
Penggunaan kalsit saat ini telah mencakup berbagai sektor yang didasarkan pada sifat fisik dan kimianya. Penggunaan tersebut, meliputi sektor pertanian, industri kimia, makanan, logam dan lainnya.
Dilihat dari kejadiannya, kalsit secara umum berkaitan erat dengan batu-gamping dan aktifitas magma, namun berdasarkan data hasil penelitian baru diketahui di sepanjang pantai barat Sumatera, Jawa bagian selatan dan utara, Sulawesi dan China

Di china terdapat Hutan yg memiliki banyak Batu Kalsit, Orang China menyebutnya Shi Lin

Hutan shi lin terdapat batu-batu karsit hasil endapan ratusan juta tahun di dasar laut. Anda temukan di distrik Lunan Yu, 120 kilometer di tenggara dari pusat kota Kunming, provinsi Yunnan, China.

Hutan Batu di china menjadi tempat wisata turis internasional, ia biasa disebut Stone Forest.
Stone Forest berisi tonggak-tonggak batu karsit besar yang menurut penelitian telah berusia 270 juta tahun. Batuan tersebut terbentuk oleh proses sedimentasi dasar laut. Dengan begitu, kita bisa membayangkan bahwa tanah Shilin atau Lunan Yu di Provinsi Yunnan China tersebut dulunya adalah lautan.

Mitos batu Lintang/Batu Kalsit

Di yogyakarta tepatnya di kota gede terdapat sebuah situs yang di keramatkan,orang menyebutnya sebagai situs watu Gatheng, sebuah Batu Lintang/ Kalsit berwarna kuning yang berbentuk Bola

Batu Gatheng adalah batu yang digunakan oleh Raden Ronggo bermain lempar batu (bermain Gatheng).raden ronggo adalah seorang pangeran yang sakti di awal dinasti mataram islam di jawa.

 Batu lintang. Bahkan ada mitos yang beredar, bila kita berhasil mengangkat batu ini maka keinginan kita akan terkabul.

di situs Tempat berdoa gereja Bunda Maria Ganjuran  bantul Yogyakarta terdapat Ukiran Tulisan Dari Batu Lintang/Kalsit

Khasiat Batu Lintang

Sangat baik di gunakan untuk pendinginan dan refresh bagi anda yang memiliki aktifitas kerja yang padat,dapat mencegah stress,aura batu lintang adalah aura dingin dan feminis,, penangkal dari pengaruh jahat,bagus untuk membangkitakan energi spiritual, cocok untuk berdagang dan pekerjaan di pemerintahan,ruangan yang banyak terdapat batu Lintang/kalsit akan terasa dingin seperti menggunakan AC.

No comments:

Post a Comment