Monday, November 5, 2012

Mengenal BATU BADAR BESI




Badar besi adalah batu yang cukup dikenal oleh masyarakat jawa sebagai suatu batu bertuah yang mempunyai kekuatan. Orang Jawa mengenali batu badar besi ke dalam golongan pusaka mistik yang dipercaya mempunyai khasiat dan kelebihan yang banyak. Batu yang juga dimasukan kedalam jenis agate ini biasa disebut sebagai batu pati ayam atau istilah baratnya magnetsteen karena bila didekatkan dengan besi magnet, batu tersebut akan bergerak menempel. Sifat batu badar besi inilah yang sering digunakan para penggemar batu untuk memilih batu badar besi dengan kualitas terbaik. Tentunya, semakin kuat daya rekat batu tersebut terhadap magnet semakin kuatlah aura atau kualitas batu tersebut.

Banyak cerita hebat yang diceritakan secara turun menurun mengenai khasiat batu badar besi ini. Salah satu kekuatan hebatnya yang sering dibicarakan orang adalah anti senjata tajam atau kebal. Dipercaya oleh orang-orang jawa, batu ini mampu membuat pemakainya kebal terhadap peluru tajam. Pemilik batu ini juga akan terlindungi dari bahaya santet, sihir, gendam atau sejenisnya karena aura yang dipancarkannya mampu membentuk benteng kuat terhadap kekuatan-kekuatan jahat.

Terlepas dari cerita-cerita mistik yang kurang bisa kita terima secara nalar, marilah kita lihat dari sisi lain. Batu badar besi memiliki warna abu kehitaman ini terjadi karena batu itu tersusun oleh unsur ferum dengan kandungan oksigen yang tinggi. Unsur ferum atau besi inilah yang menyebabkan batu ini menempel pada besi magnet. Kekerasan badar besi berkisar antara 5-6 skala Mohs. Tidak hanya ditemui di Jawa, sebenarnya batu badar besi banyak juga terdapat didaerah Brazil, Australia, Mexico dan Amerika. Biasanya banyak terdapat pada daerah yang dekat dengan kawasan pergunungan yang sering terkena banjir lahar beratus tahun yang lalu.

Kalau untuk dipakai sebagai perhiasan badar besi kelihatannya kurang sesuai karena warna dan penampilannya kurang begitu menarik. Warnanya kebanyakan gelap agak kusam, tidak mengkilat separti kebanyakan batu-batu mulia. Orang memakai atau mengkoleksi batu ini biasanya punya tujuan tersendiri. Ada yang mencarinya karena mereka batu ini menyimpan suatu kekuatan atau memiliki kekuatan supranatural sehingga dipercaya mampu membantu usaha mereka, mungkin juga memecahkan masalah-masalah yang sedang mereka hadapi, dll. Beberapa orang datang dengan membawa penasihat spiritualnya atau biasa kita sebut “orang pintar” untuk mendapatkan batu ini. Orang-orang seperti ini biasannya sudah tidak memikirkan harga. Beginilah orang Timur. Pada zaman secanggih ini, masih banyak sekali orang melakukan hal-hal yang mungkin oleh bebarapa orang dianggap konyol dan tidak masuk akal. Fenomena batu petir Ponari akhir-akhir ini dapat menjadi contohnya. Tapi, hal-hal seperti inilah yang membuat dunia menjadi berwarna dan penuh misteri. Kedua, mereka yang ingin memiliki karena kolektor atau sekedar ingin mempunyai. Soal mistik atau kekuatan-kekuatan yang terkandung di dalamnya bukanlah tujuan. Asal mereka mendapatkan batu yang mereka inginkan, hati sudah merasa puas.

Bagaimanapun, seluruh benda alam adalah ciptaan Tuhan yang memiliki berbagai macam bentuk dan kegunaan. Dunia semesta diciptakan dengan sangat maha komplek tapi semua saling seimbang dan mempengaruhi. Semua tergantung pada cara masing-masing orang untuk memanfaatkan ciptaanNya.

No comments:

Post a Comment