Sunday, August 23, 2015

Cara Membedakan Jenis Batu Akik Raflesia Asli Dan Palsu


Cara membedakan jenis batu akik Raflesia asli dan palsu bisa melihat karakteristiknya. Batu akik ini sangat terkenal sebagai jenis batu akik populer yang berasal dari Bengkulu.  Keindahannya sangat mempesona, tak heran kalau harganya semakin melonjak. Keberadaannya di dalam alam, semakin langka sehingga semakin sulit dijumpai di pasaran. warna khasnya adalah merah transparan. Batu yang dikenal dengan Red Raflesia ini memiliki sejumlah varian warna  yang memikat, seperti merah oranye, merah dan merah kecoklatan.



Untuk sejumlah bagiannya batu Raflesia bisa berwarna putih, oranye dan kuning. Namun batu yang berwarna merah lebih banyak digandrungi penggemar batu akik. Berbagai ciri khasnya yang membuktikan keasliannya sangat penting untuk diperhatikan. Anda bisa memperhatikan bobotnya, karena lebih berat dibandingkan versi aslinya. Kalau dipegang juga akan terasa padat.  Tingkat kekerasannya relatif tinggi antara 7 sampai dengan 7,5 skala Mohs.



Secara natural batu Raflesia memiliki unsur dingin. Sehingga kalau dibakar terlihat basah, seperti adanya minyak tapi dengan mudah bisa dihapus dengan mudah dan cepat tanpa berbekas. Kalau membenturkan batu asli bisa mengeluarkan percikan api. Kemudian kalau diteteskan air di atasnya yang licin, batu tidak akan mengalami pecah.  Serat alami juga terdapat pada batu Raflesia asli. Jadi pastikan melihat seratnya dengan alat pembesar. Supaya bisa memantaunya lebih mudah dan lebih jelas.









No comments:

Post a Comment