Sunday, August 23, 2015

Cara Membedakan Jenis Batu Akik Pancawarna Asli Dan Palsu


Cara membedakan jenis batu akik Pancawarna asli dan palsu bisa dengan metode sederhana. Sesuai namanya terdapat lima warna yang mengesankan, seperti warna cokelat, biru, kuning, abu-abu dan merah. Keunikan lainnya adalah terkadang dijumpai batu bergambar seperti wajah manusia, hewan dan berbagai wujud benda lainnya. Harganya terbilang fantastis untuk mendapatkan yang berkualitas tinggi. Garut adalah kota yang dikenal sebagai penghasil batu Pancawarna.

Tingkat kekerasannya terbilang tinggi, dari 7 hingga 7,5 skala Mohs. Dijumpai sejumlah jenis Pancawarna yang sangat memikat, seperti Pancawarna Edong dan Pancawarna Klawing. Jenis Edong mempunyai unsur mineral seperti silika, tembaga, nikel , besi dan mangan. Dengan begitu, batu tersebut dihiasi berbagai warna, seperti biru, hitam, putih, hijau dan merah. Sedangkan untuk varian Pancawarna Klawing didominasi warna dasar hijau. Hal itu disebabkan jenis batu akik tersebut ditemukan di kawasan Sungai Klawing yang berada di Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Batu Pancawarna memiliki keindahan yang selalu memancarkan kilaunya, yang sangat memukau dan menjadi daya tariknya. Perawatan yang tepat akan menjadikan kualitas dan keindahannya semakin memikat. Waspada dengan keberadaan batu Pancawarna palsu. Karena serupa tampilannya sama, tapi kalau dilakukan sejumlah pengetesan akan terbukti keasliannya. Caranya dengan menempelkannya di kulit, yang asli akan memberikan sensasi dingin. Kalau dibakar akan panas tapi dengan cepat akan kembali dingin.







No comments:

Post a Comment