Tuesday, August 19, 2014

Batu Akik Pacitan


Akik Pacitan, Batu Magis Bernilai Jutaan Rupiah
Batu akik.
 

Batu mulia atau akik, biasanya dijadikan mata cincin oleh para pedagang cincin. Dari sekian banyak yang beredar di pasaran, batu akik dari Pacitan, Jawa Timur yang paling banyak dicari.

Karena Kabupaten Pacitan merupakan salah satu daerah penghasil batu akik di Indonesia.


Secara spesifik, Akik Pacitan mempunyai ciri khas dibandingkan dengan Akik-akik dari daerah lain seperti Akik Garut dari Jawa Barat. Akik Pacitan mempunyai warna bermacam-macam mulai putih, kuning, coklat, dan lain-lain.

Kemudian yang menarik, Akik Pacitan ini tidak buram karena tembus pandang. Orang-orang kemudian mengatakan kalau Akik Pacitan tersebut mempunyai ciri kristal. Bahkan di dalamnya kadang bisa ditemukan berbagai gambar makhluk hidup, tanaman, pemandangan alam sampai-sampai tokoh-tokoh dunia.

Untuk memberikan kesan anggun, tempat akik (emban) dipesan khusus pada seorang tukang dengan mengkombinasikan perak dan emas. Selain itu di sisi emban diukir dengan gambar yang disesuaikan dengan akik, misalnya gambar macan atau lainnya. Yang mana gambar tersebut terkadang dimaknai oleh seseorang memiliki daya magis tersendiri baginya.

Melihat begitu besar kegunannya, tak salah bila harga sebuah batu akik bisa mencapai ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah. Variatif harga itu tergantung menurut bentuk maupun gambar yang muncul dari bebatuan itu.

Bentuk batu akik ini ada yang bernama pancawarna, batu akik badar angin, kecubung puyuh, batu rengkas, dan masih banyak model lainnya dengan manfaat yang terkandung berbeda-beda.

Untuk pancawarna biasanya dipercaya melindungi diri dari malapetaka, batu akik badar angin dan batu rengkas dipercaya memiliki khasiat khusus mendatangkan rejeki, dan kecubung puyuh dipercaya dapat membawa kharisma atau wibawa.

Dari berbagai model itu mudah dikenali dari gambar yang nampak dari bebatuan ini. Seperti gambar singa, monyet, bunga mawar, keris, dan sebagainya. "Semakin menarik nilai yang terkandung dari batu akik dan gambar yang muncul, maka semakin tinggi pula harganya," ucap Ahmad Ni'am pedagang batu akik lainnya.


sumber : www.ayogitabisa.com

4 comments:

  1. Assalamualaikum, Pak. Saya masih awam di hal permata atau bebatuan akik lainnya. Saya ingin sharing dengan bapak perihal batu-batu yang saya miliki di rumah. Dari bapak saya yang diberi oleh kawan-kawannya ketika bekerja di luar kota.
    Kalau boleh tahu, alamat e-mail bapak apa ya? Sekadar memperlihatkan bebatuan yang saya miliki di rumah. Sekaligus ingin menanyakan keasliannya. Saya masih bingung dengan cat's eye. Kalaupun ada artikel yang menguatkan keasliannya, saya mohon bantuannya, untuk diberi linknya, terima kasih.
    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan menghubungi saya di email : akikmurah@gmail.com

      Delete
  2. terima kasih atas infonya
    silahkan berkunjung ke toko online payakumbuh melihat-lihat koleksi batu akik sungai dareh dan batu lumut suliki, batu cempaka limau manis dan kecubung, baturaja
    http://tokoonlinepayakumbuh.com/category/batu-mulia-cincin-akik-payakumbuh/

    ReplyDelete