Friday, November 29, 2013

Keunggulan Cutting Cabochon Pada batu Permata




cat eye stone cat eye gem

Cutting Cabochon pada batu permata merupakan cutting yang lebih dahulu dikenal dari pada cutting faceted, Cutting ini walaupun bentuknya sangat sederhana tapi untuk beberapa batu menimbulkan fenomena yang indah luar biasa yang tidak muncul pada cutting faceted.


Cutting cabochon umumnya untuk cincin yang dipakai laki-laki, dan memang terlihat maskulin atau macho bagi pemakainya. 



sun stone mantap

1. Cat Eye, adalah salah satu Fenomena yang tampak pada batu permata Alexandrite Chrysoberyl, kadang-kadang juga muncul pada batu Oval, Zircon dan lain-lain.

Cat Eye pada batu ini populer  dan nama-nya adalah fenomena yang dikenal sebagai chatoyancy, juga dikenal di gem perdagangan sebagai "cats eye efek".

Alasan menarik fenomena ini sangat halus inclusions dengan batu. Ketika sebuah sumber cahaya diarahkan pada inclusions menciptakan sebuah terang strip yang muncul dan berjalan tegak lurus ke inclusions. Strip ini akan meluncur di seluruh permukaan batu ketika berpaling atas. .

2. Star

Star umumnya adalah Penomena pada batu Ruby atau Sapphire, sangat indah. Biasanya batu Ruby dan Safir yang mempunyai star akan lebih mahal.



star gem star safire gem



Perhatikan Star pada batu di atas, sangat Indah bukan???? itulah penomena penomena pada batu permata yang di cutting dengan model Cabochon.





Semoga Bermanfaat !!!

No comments:

Post a Comment