Tuesday, August 7, 2012

Batu Onyx

Batu oniks atau onyx yang tergolong batu-batu kuarsa ada tiga macam. Yang berwarna hitam dan dasarnya putih disebut batu oniks biasa, yang berwarna merah dan dasarnya putih dinamakan karneol onyx, sedangkan yang merah tua dan dasarnya putih diberi nama sardonyx. Biasanya batu oniks atau onyx di buat menjadi bentuk cabochon dan kebanyakan warna dari batu ini telah dihasilkan lewat proses pemanasan atau kimia dan amat sulit untuk dibedakan sehingga pembeli maupun penjualnya pun banyak yang tidak bisa membedakan mana yang alami dan mana yang tidak. Batu oniks mempunyai nilai keras 7 dalam daftar Mohs, walaupun batu ini keras tapi juga mudah tergores atau lecet jika terbentur dengan keras.

batu oniks
Kegunaan atau manfaat
Batu obsidian dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain;
1. Batu yang dianjurkan untuk penyakit ginjal dan hati.
2. Batu oniks hitam mampu merubah kebiasaan buruk si pemakai.
3. Menjadikan pemakai jago dalam berbicara.
4. Mengurangi stress dan memberikan tidur yang nyenyak.
5. Mampu meredam rasa cinta dan nafsu yang berlebihan.
6. Membantu atau mempercepat pertumbuhan kulit, kuku dan rambut.
7. Mengusir hawa negatip, meningkatkan kecerdasan dan inspirasi spiritual.

Gadis2 yg pake ini akan terlindungi kehormatannya dan setidaknya insyaf untuk tidak mencemarkan dirinya. Apabila orang membuat cincin cap dengan batu oniks, dia akan suka berkelahi, suka mencari perkara dan dapat menimbulkan perceraian rumah tangga. Jadi batu ini mempunyai khasiat yang tidak tentu bagi pemakainya.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Barang siapa yg lahir antara 21 desember-20januari (golongan capricon) dan 21 jul- 20 agustus (leo) dikala masih anak2 jika dikalungi batu onik dipercaya akan cepat tumbuh dan terhindar dari bermacam2 penyakit.
Batu obsidian dijadikan batu kelahiran Februari dan batu hadiah pernikahan yang ke 7. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu obsidian dihubungkan dengan zodiac Leo.

Batu Sardoniks (Sardonyx).

Batu sardoniks atau sardonyx adalah batu onyx yang berwarna merah tua atau cokelat kemerahan dan dasarnya berwarna putih. Di Indonesia batu ini juga disebut dengan batu akik lapis. Mungkin batu sardoniks yang paling terkenal adalah batu sardoniks yang dijadikan cincin yang terdapat ukiran gambar ratu Elizabeth I, ratu tersebut kemudian memberi cincin itu kepada kekasihnya The Earl of Essex sebagai hadiah dan kenangan.

Khasiatnya batu sardoniks dapat membawa kegembiraan dan peduli akan reputasi dan harga diri. Orang Mesir dolo suka mengukir batu sardoniks dengan semacam kumbang dan memakainya sebagai jimat, orang Romania dahulu memakai batu sardoniks yang diukir dengan pahlawan atau dewa perang seperti Mars atau Hercules Ares untuk meningkatkan keberanian dan menghilangkan rasa takut dalam medan perang. Menurut kepercayaan kuno, batu sardoniks oranye untuk menstimulasi, batu sardonyx hitam untuk mengusir hawa hawa negatip dan batu sardonyx hijau untuk membersihkan pengaruh negatip. Batu ini juga sering digunakan oleh para pemimpin untuk melancarkan atau menginspirasi orang banyak saat berbicara.

Cara terbaik membersihkan batu sardonyx ialah dengan menggunakan sikat yang lembut dan air sabun hangat. Seperti kebanyakan batu mulia lainnya, batu sardoniks juga tidak boleh terjemur atau terkena hawa yang panas dan jauhkan dari bahan bahan kimia yang bisa menghancurkannya. Batu sardoniks dapat ditemukan di Jerman, Brazil, Czechoslovakia, Mexico, Amerika, Rusia, India dan Afrika.

No comments:

Post a Comment