Tuesday, August 7, 2012

Batu Kinyang Asap ( Smoky Quartz )

Batu kinyang asap (smoky quartz) tergolong batu-batu dari keluarga kuarsa. Warnanya dari cokelat sampai hitam dan warna batunya kelihatan seperti diselimuti asap (smoky). Warna batu kinyang asap dipercayai disebabkan oleh irradiasi alami atau oleh manusia. Seperti anggota anggota batu kuarsa lainnya batu ini mempunyai nilai keras 6-7 dalam daftar Mohs. Batu kinyang asap juga sering ditemui banyak garis garis tipis seperti rambut atau jarum kecil yang berwarna emas atau kuning kemerahan di dalamnya, garis garis tersebut terbuat dari titanium dioxide. Batu-batu ini amat digemari oleh orang-orang Skotlandia dan batu ini juga dijadikan batu nasional negara Skotlandia. Batu kinyang asap ini dapat ditemukan di berbagai belahan bumi, tetapi yang paling sering ditemukan di Skotlandia, Colorado, Brazil, Afrika dan Switzerland.

Batu Kinyang Asap
Ada 3 jenis batu kinyang asap:
1. Cairngorm: Jenis batu kinyang asap yang berwarna kuning kecokelatan atau abu-abu kecokelatan yang berasal dari gunung Cairngorm di Skotlandia (sesuai dengan namanya).
2. Morion: Jenis batu kinyang asap yang berwarna cokelat gelap sampai hitam, warnanya agak kabur atau pudar.
3. Coon Tail: Jenis batu kinyang asap yang namanya diberikan dari ekor binatang raccoon (hewan yang menyerupai tupai), dikarenakan batu ini warnanya belang hitam dan abu-abu seperti ekor binatang tersebut.

Kegunaan atau manfaat
Batu kinyang asap dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain;
1. Jika dipakai akan mengusir hawa hawa negatip dari pemiliknya.
2. Mengurangi rasa depresi dan memberikan ketenangan.
3. Memberikan dampak bagus untuk "akar" chakra yang letaknya di dasar tulang belakang. Ginjal, kelenjar adrenalin, usus, tulang dan kaki.

No comments:

Post a Comment