Thursday, May 10, 2012

Pesona Batu GARNET


Garnet berasal dari kata Latin "granum" yang berarti "biji-bijian". Hal ini mengacu pada bentuk biasanya bulat dari Garnet dan juga mengingatkan pada biji buah delima. Garnet telah banyak dikenal selama ribuan tahun. Bahkan Nuh, dilaporkan, digunakan lentera dari garnet untuk mengarahkan bahtera aman melalui kegelapan malam. Meskipun warna merah paling sering terjadi, ada juga garnet menampilkan berbagai nuansa hijau, kuning pucat ke terang, biru, oranye biru-hijau, api dan bumi-dan denda umbra-nuansa.

Kekerasan yang sangat baik dari 7-7,5 pada skala Mohs ' menjelaskan, mengapa begitu baik batu permata untuk dipakai. Garnet cukup kokoh dan tahan terhadap pemakaian sehari-hari, dan sederhana untuk bekerja ke perhiasan. Garnet adalah Januari birthstone .

Garnet Gemstone
Klik untuk perbesar
Garnet warna
Meskipun warna merah adalah yang paling sering terjadi, ada juga garnet menampilkan berbagai nuansa hijau, pucat kuning terang, oranye dan denda berapi-api bumi-dan-nuansa umbra. Biru adalah warna-satunya yang tidak tersedia di Garnet . Warna garnet mengubah sebagian besar pyrope dan spessartite dalam komposisi.
Para warna-warni anggota kelompok garnet:

Pyrope , garnet merah, sering dengan warna coklat
Rhodolite merah, keunguan atau naik-warna garnet
Almandite garnet, merah dengan warna ungu
Spessartite , oranye sampai merah-coklat garnet. Spesimen terbaik berasal dari Namibia dan disebut "bahasa Mandarin Spessartine".
Grossularite, tidak berwarna, hijau, kuning garnet, coklat
Hydrogrossular, berbagai padat, kehijauan buram grossularite
Hessonite, coklat-merah berbagai garnet
Leuco garnet, berbagai tak berwarna grossularite
Tsavorite , hijau untuk garnet hijau zamrud
Andradite, hitam, coklat, kuning-coklat garnet
Demantoid, yang garnet paling berharga, hijau zamrud hijau
Melanite, berbagai hitam buram andradite
Tapazolite, kuning sampai kuning lemon, topaz-seperti berbagai andradite
Uvarovite, zamrud hijau garnet yang jarang terjadi dalam kualitas batu permata.
Membeli Garnet
Warna
Sebuah merah gelap jenuh adalah pertama apa yang terlintas dalam pikiran jika warna garnet dianggap. Tren bergeser. Sebuah demantoid dengan perusahaan zamrud warna hijau adalah garnet hari yang paling berharga. Itu berlaku juga untuk zamrud hijau tsavorite , yang kualitasnya dapat mencapai kesempurnaan.

Penerangan
Hal ini umumnya mengatakan bahwa garnet datang setiap warna pelangi kecuali biru. Hal ini masih benar dalam cahaya alami, tetapi ada penemuan terbaru dari garnet yang berubah biru dalam cahaya buatan.

Kejelasan
Garnet di permata sangat bersih umum. garnet Almandine kadang-kadang memiliki inklusi asbes serat. Ini akan menghasilkan empat-ray, jarang enam-ray, bintang batu ketika benar dipotong. Mereka sangat dihargai oleh kolektor, karena kelangkaan mereka. Andradites dikenal untuk khas mereka, inklusi ekor kuda.

Memotong
Garnet memenuhi syarat untuk memotong setiap dan datang dalam berbagai bentuk.
Garnet lokasi dan deposito
Pyrope: Cina, Madagaskar, Myanmar, Afrika Selatan, Sri Lanka, Tanzania, Amerika Serikat
Rhodolite: Brasil, India, Sri Lanka, Thailand, Amerika Serikat
Almandite: Brasil, India, Madagaskar, Sri Lanka dan Amerika Serikat. Deposito lebih kecil ada di Austria dan Republik Ceko. Almandine garnet bintang-batu yang ditemukan di India dan Amerika Serikat (Idaho).
Spessartite: Brasil, Cina, Kenya, Madagaskar, Myanmar, Namibia, Sri Lanka, Tanzania, Amerika Serikat. Spesimen terbaik datang dari Namibia dan disebut "Mandarin Spessartine (Spessartite)"
Grossularite: Kanada, Kenya, Mali, Pakistan, Rusia, Afrika Selatan, Sri Lanka, Tanzania, Amerika Serikat
Hydrogrossular: Myanmar, Afrika Selatan, Zambia
Hessonite: Brasil, Kanada, Madagaskar, Sri Lanka, Tanzania, Amerika Serikat
Leuco garnet: Kanada, Meksiko, Tanzania
Tsavorite: Kenya, Tanzania
Andradite: Rusia
Demantoid: Cina, Korea, Rusia, Amerika Serikat, Zaire
Melanite: Perancis, Jerman, Italia, Amerika Serikat
Tapazolite: Italia, Swiss, Amerika Serikat
Uvarovite: Kanada, Finlandia, India, Polandia, Rusia, Amerika Serikat
Garnet perawatan umum
Garnet tidak artifisial ditingkatkan dengan cara apapun.
Garnet terkenal di dunia
Pada lelang dari Jacqueline Kennedy Estate-Onassis di Sotheby pada tanggal 24 April 1996, garnet cabochon mencolok bros bunga dari abad ke-19 itu dijual seharga $ 145.000. Pada tahun yang sama seorang mahasiswa digali di Australia tengah apa yang diyakini menjadi garnet tunggal terbesar yang pernah menemukan. Ini kasar raksasa ini diperkirakan ribuan ton berat dan ukuran hampir seratus kaki.
Garnet Gemologi
Spesies: Garnet
Warna: tak berwarna, semua warna
Sistem kristal: (Cubic) Dodekahedron belah ketupat, icositetrahedon
Kekerasan: 7-7,5 (skala Mohs)
Warna beruntun: Putih
Fluoresensi: Sebagian besar tidak ada
Komposisi kimia, gravitasi spesifik, indeks bias , birefringence dan spektrum penyerapan yang berbeda untuk berbagai anggota kelompok garnet.
Zodiak Garnet, mitos & legenda
Garnet telah banyak dikenal selama ribuan tahun. Bahkan Nuh, dilaporkan, digunakan lentera dari garnet untuk mengarahkan bahtera aman melalui kegelapan malam. Garnet ditemukan dalam perhiasan dari era Mesir, Yunani dan Romawi kuno. Banyak penemu berani dan wisatawan mengenakan garnet untuk perlindungan, karena mereka dianggap jimat populer dan batu pelindung, karena diyakini pada hari-hari yang garnet menerangi malam dan mencegah pemakainya mereka dari segala macam kejahatan.
Garnet adalah birthstone bagi mereka yang lahir pada bulan Januari. Pada Zodiac grafik, itu terdaftar sebagai batu untuk Aquarius.
Dalam Kuno, serta pada Abad Pertengahan orang percaya bahwa kosmos tercermin dalam batu permata. Garnet adalah ditugaskan ke planet Mars, Merkurius dan Pluto. Gerakan esoteris menghidupkan kembali kepercayaan kuno dan industri permata membuat alat lain pemasaran untuk mempromosikan permata tertentu.
Kekuatan penyembuhan dari permata tetap menjadi isu kontroversial, namun disebutkan selama berabad-abad oleh penyembuh, dukun dan tabib. Apakah itu fakta atau efek plasebo tidak masalah, jika itu membantu. Pendekatan paling aman adalah dengan memakai batu permata dalam kontak kulit ke bagian tubuh bermasalah. Garnet dikatakan membantu untuk arthritis, pankreas, varises dan masalah dengan testis dan kuku.

11 comments:

  1. Salam,
    saya izin kutip beberapa paragraf dari artikel ini boleh tidak? blog saya http://ameltami.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. maaf Bapak mohon petunjuk utk garnet berubah warna (changes colour)...
    apakah jenis ini termasuk Langka?
    sepupu sy punya garnet change colour bila di sorot lampu putih jadi kehijauan kmd bila disorot dg lampu kuning berubah mjd warna merah,
    dlm keadaan normal garnet ini berwarna agak coklat & berkilauan spt black diamond.
    seblmnya sy ucapkan bnyk terima kasih untuk petunjuk yg akan diberikan.


    salam hormat,
    bandi

    ReplyDelete
  3. salam bung gembel

    untuk lebih pastinya silahkan anda kirimkan gambar batu mulia anda ke email : akikmurah@gmail.com
    nanti saya coba bantu anda untuk mempelajarinya...


    thx atensinya

    ReplyDelete
  4. Pak saya mo tanya, gimana cara mendapatkan garnet merah, dan harganya berapa, mohon pencerahanya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan anda bergabung di kakilimagems facebook : https://www.facebook.com/groups/222302537903866/

      digroup tersebut anda bisa mendapatkan harga batu garnet merah dari para pedagang batu mulia yg telah bergabung

      semoga bermanfaat

      Delete
  5. Gan, ane mau tanya nih, ane brusan dpet garnet merah. Tp pas ane sorot n liat pke kca pmbesar dalamnya kecoklatan sperti agak buram gt.trus kayak ad bubblenya gt gan.kira2 itu asli gak gan? Tp ane goresin k kaca, kacanya tergores. N gimana cara ngebedain garnet asli atau bukan? Mohon pncerahannya.. trm ksih

    ReplyDelete
  6. Malam gan, saya punya bongkahan garnet, sudah dites, dan disertifikat. Jenisnya Hydrograssular, Tapi yang sudah sayaitu diambil dari bongkahan yg jelek, jadi tingkat kejelasannya hanya sebatas opaqua., sementara batu yang lain ada yang semi transparan dan transparan. Yang saya mau tau , harga dari bongkahan saya ini kira2 1 krat brp yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam..

      untuk lebih jelasnya mengenai kisaran harga batu anda, silahkan berkunjung ke pasar batu jatibening jakarta atau pasar batu disekitar kota anda.

      thx atensinta

      Delete
  7. Klo batu permata untuk yg lahir d bln oktober apa ya pak yg cocok selain kalimaya.....mohon penjelasannya...

    ReplyDelete