Sunday, April 22, 2012

Istilah - istilah dalam Batu Mulia

Luster




Semua batu permata yg berkualitas tinggi maupun yang berkualitas rendah membutuhkan sinar untuk memantulkan atau membiaskan performa keindahan yang dimiliki oleh batu permata tsb...Pantulan sinar itulah yang disebut "Luster". Sebagai contoh, luster dari berlian pasti jauh lebih tinggi dibanding luster dari batu turquise(pirus). Pantulan sinar juga dapat menimbulkan efek khusus yang disebut "Phenomena". 

Phenomena pada batu opal disebut "play of color". Pada batu alexandrite disebut “change color", serta pada mutiara disebut "orient", yang semuanya merupakan potensi unggul dari masing2 batu permata yang hanya bisa muncul karena bantuan media "sinar"...baik sinar matahari maupun sinar lampu.

ASTERISM/STAR


Adalah Phenomena atau "Realita Keunikan" yang dimiliki oleh batu permata ruby atau sapphire berupa terbentuknya garis bintang/star..,bisa 4,6,dan 12. Terbentuknya star tersebut secara ilmiah disebabkan oleh pantulan sinar pada jarum-jarum halus yang disebut rutiles pada ruby dan sapphire sehingga muncul garis2 bersilang...

CHATOYANCY


Adalah Phenomena atau "Realita Keunikan" yang dimiliki oleh batu Cat Eye berupa garis/tali melintang vertikal di permukaan batu permata yang selalu bergerak lurus kekiri dan kekanan saat digerak-gerakkan. Secara ilmiah chatoyancy tersebut terjadi karena disebabkan oleh pantulan sinar pada serabut2 halus atau pipa2 sangat halus yang letaknya sejajar.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment