Wednesday, April 11, 2012

Batu Mulia di Rawa Bening



Saya punya cincin bagus. Murah, cuma 15 juta,kata seorang lelaki gendut berkacamata seraya mengambil dompet beludru merah dari kolong meja.

Dia keluarkan sebentuk cincin laki-laki bermata batu berwarna biru langit dengan taburan permata di sekelilingnya. Batu safir. Asli! katanya kepada seorang perempuan yang berdiri takjub menyaksikan beragam warna dan motif batu permata yang digelar di atas meja kayu yang kusam di Pasar Batu Aji dan Permata Rawa Bening, Jatinegara, pada suatu siang pekan lalu.
Di pasar ini hampir tidak ada perbedaan berarti antara batu yang di taruh di meja kayu dan yang dipajang di dalam lemari kaca. Semua batu itu memancarkan aneka rupa keindahan. Ibarat sidik jari manusia, motif atau gambar yang unik di dalam sebuah batu juga tidak ada yang sama dengan yang lain.

Kemasyhuran pasar pusat penjualan aneka batu alam batu aji dan permata di depan Stasiun Kereta Api Jatinegara, Jakarta Timur, itu sudah menembus batas negara, paling tidak untuk kawasan Asia. Menjelang akhir tahun 1990-an, pasar ini sering disambangi turis dari China, Jepang, Korea, Taiwan, dan Malaysia. Turis Malaysia lebih menyukai batu asli Indonesia. Pelancong Jepang lebih mementingkan keaslian batu.

Tetapi kini turis enggan datang ke pasar itu. Pengunjung Pasar Rawa Bening sekarang umumnya orang Indonesia sendiri. Selain kolektor batu, pengunjung datang dari aneka profesi. Bahkan juga ada ajudan menteri.

Bebatuan yang dijual di Pasar Rawa Bening terbilang lengkap dan untuk berbagai keperluan, baik untuk permata cincin, gelang, liontin, anting, maupun buat hiasan kepala ikat pinggang. Di sini bisa dijumpai batu-batu mulia yang sangat terkenal seperti ruby (mirah), sapphire (safir), cat’s eye (mata kucing), emerald (zamrud), dan jade (giok). Batu berharga jutaan hingga ratusan juta rupiah ini didatangkan dari Myanmar, Sri Lanka, atau Kolombo.

Ruby, misalnya, berasal dari Myanmar. Nama ruby berasal dari kata Latin, ruber yang berarti merah. Ia dinamai begitu karena bila disinari cahaya ultraviolet 1 watt, batu ini akan berpijar. Safir banyak didatangkan dari Sri Lanka. Meski cahayanya tidak secemerlang mirah, warna biru langit batu ini disukai banyak orang.

Emerald yang berasal dari Kolombo dipercaya sebagai batu penolak bala. Bila emerald terjatuh saat dikenakan, bagi orang yang percaya, itu adalah pertanda akan terjadinya sesuatu yang tidak dikehendaki.

Harga jual batu dihitung per 200 mg. Bila tampilan batu itu jernih serta mengeluarkan star bintang saat terkena sinar, harganya makin tinggi. Cats eye, batu mata kucing dari Sri Lanka, termasuk batu yang sulit didapat. Dari batu itu timbul garis, persis seperti pupil mata kucing berbentuk garis lurus pada saat terkena cahaya. Harganya sangat mahal.

Di Indonesia hampir semua pulau menghasilkan bebatuan yang dapat dijadikan perhiasan. Lampung dan Kalimantan, misalnya, menghasilkan amatis atau kecubung. Banten kaya akan kalimaya atau opal. Garut, Sukabumi, Pacitan, dan Lampung menghasilkan agate (akik) dengan motif dan warna beraneka rupa.

Akik, yang umumnya dipotong model biji petai, selain karena warnanya yang indah, disukai karena gambar atau motif yang muncul di dalam atau di permukaan batu. Nama yang diberikan pun sesuai dengan fisiknya. Badar susu, misalnya, adalah nama untuk akik putih seperti susu.
Berbeda dengan batu mulia, harga akik relatif lebih murah. Ada yang dapat diperoleh hanya dengan uang Rp 5.000. Namun, harga sebuah akik dengan gambar atau motif tertentu dapat menjadi tidak ternilai bila sudah berada di tangan kolektor. Berapa pun harga yang ditawarkan, sang empunya bisa saja enggan melepaskan.

Para pedagang di pasar perhiasan Rawa Bening ini kebanyakan berasal dari Kalimantan, Padang, Banten, dan Sukabumi. Selain batu, mereka juga menjual ikatan, yakni cincin perak, baja putih, dan stainless steel yang belum dipasangi permata. Motifnya pun beragam. Ada yang disebut dengan gigi bajing, yakni ikatan berupa gigi tupai yang melingkar di sekeliling batu. Ada pula yang disebut gigi empat. Batu permata hanya pegang oleh empat gigi. Juga ada ikatan bukan berupa gigi, logam pengikat menempel rapat di sekeliling batu, yang disebut sebagai model duduk.
Motif ikatan pun beragam. Pada motif Lady Di, misalnya, batu sebagai permata utama dikelilingi oleh batu mulia lain seperti berlian, cubic zirconia, atau american diamond. Juga ada motif sisik naga, cincin dibuat seperti bersisik.

Sama seperti batu, harga ikatan ini bergantung pada motif dan modelnya. Makin tinggi tingkat kesulitan pembuatan, makin mahal harga yang diminta. Harga ikatan perak motif Lady Di bergerak antara Rp 75.000 dan Rp 125.000. Tetapi kalau dipesan, motif seperti itu bisa berharga Rp 125.000 sampai Rp 250.000.

Di pasar ini juga dijual batu perhiasan dalam bentuk bongkahan. Untuk memecahkan bongkahan itu dan menemukan keindahan di dalamnya, pembeli bisa mendatangi perajin batu yang menyediakan jasa pemotongan, penggosokan, dan pemolesan. Upahnya bervariasi. Tarif sekali potong Rp 5.000. Kalau diperlukan lima kali pemotongan, tentulah biayanya menjadi Rp 25.000. Tarif ini akan lebih mahal untuk batu dengan tingkat kesulitan pemotongan yang tinggi. Harga jasa penggosokan dan pemolesan lebih murah, Rp 10.000 per batu.

Meski sudah menjadi pusat perdagangan bebatuan di Jakarta, Pasar Rawa Bening belum memiliki tempat pembuatan sertifikat yang menjamin keaslian batu. Mereka yang menginginkan sertifikat itu harus membawa batu itu ke badan sertifikasi. Salah satunya badan sertifikasi swasta yang berkantor di Kompleks Harmoni Plaza, Jakarta Pusat. Biaya pembuatan sertifikat, yang hanya dikeluarkan bila batu itu asli, bertarif minimal Rp 350.000.

Harga batu perhiasan ditentukan oleh jenis, corak, sinar, keindahan, dan keunikannya. Kelangkaan juga turut menentukan. Tetapi pada akhirnya yang membuat harga menjadi tidak mengenal patokan adalah hasrat untuk memiliki batu itu sendiri.

Mengoleksi bebatuan bukanlah kegemaran yang murah. Batu idaman bagi para penggemarnya adalah koleksi, tempat kepuasan dan gengsi digantungkan. Para pedagang di Pasar Batu Aji dan Permata Rawa Bening hidup dari mereka yang bersedia mengeluarkan biaya demi hasrat dan kepuasan itu.

54 comments:

  1. Replies
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      Delete

    2. Jual bongkahan batu bacan asli dari ternate,barang udah tembus cahaya dan keras dan padat semua tidak ada yang luntur ,mudah di bentuk ,kami menjual bacan doko super kristal dan palamea


      Daftar harga sebagai berikut;

      -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
      -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 250 Ribu
      -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 500 Ribu,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukurang kecil


      Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
      Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
      Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
      087842902216 atau 082311121216
      PIN 53DD0682

      Delete
    3. > Permisi Teman-Teman Bagi PeCinta BATU BACAN ASLI TERNATE Kami Siapkan BONGKAHAN BATU BACAN DOKO DAN PALAMEA ASLI TERNATE

      Kondisi bahan ;
      - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
      - Bahan tua (galian lama)
      - Kualitas super kristal,sudah tembus
      - Bahan keras dan padat
      - Siap gosok poles
      - Daging utuh, tanpa kapur
      - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
      - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita
      - Sesuaikan dengan dana yang anda punya.. jangan terlalu dipaksakan yang ujung - ujungnya merugikan diri sendiri dan orang lain
      - Untuk tanya - tanya silakan hub no yang tertera

      Harga ;
      - 1 ons Rp. 500,000
      - 5 ons Rp. 1.250,000
      - 1 kg Rp. 2.500,000
      - 5 kg Rp. 6,000,000
      - 10 kg Rp. 8.000,000
      - 15 kg Rp. 10.000,000
      (Harga bisa nego)

      Minat hub ;
      - 082385118431
      -pin;59da266a
      #.stock terbatas
      Siapa cepat dia dapat
      Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
      Adapun cara yg kami sediakan:
      Dan bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:jne/tiki/kantor pos,
      jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,terimah kasih,,,Wassalam

      HATI-HATI Salah Org Nnti keTIPU....!!!!!!!!!

      Delete
    4. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
      ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
      BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
      Kondisi bahan ;.
      - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
      - Bahan tua (galian lama).
      - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
      - Bahan keras dan padat.
      - Siap gosok poles.
      - Daging utuh, tanpa kapur.
      - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
      - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
      Daftar harga :
      1 0ns ; Rp 500.000rb
      5.ons Rp.1.250.000
      1.kg Rp 2.250.000
      5 kg Rp 6.000.000
      10 Kg Rp 8.000.000
      15,kg Rp.10,000,000,
      Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
      Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota

      setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin,
      untuk yg mau pesan hub ;
      Hp.; 082194295897
      pin : 5AA211AC
      adapun cara transakai,anda bisa datang langsung ke rumah kami. alamatnya di jl buana seli rt 016 rw 002,
      desa/kel ;labuhan, kec ;bacan, kab ; halmahera selatan, prov ; maluku utara.
      barang juga bisa kami kirim lewat jasa pengiriman tiki,jne,pos,muatan udara dan lewat kargo bandara.setelah barang
      dikirim, kami akan berikan bukti resi pengirimannya.

      INGAT..!!!!! HATI-HATI PENIPUAN DENGAN HARGA MURAH SALAH ORANG ANDA BISA TERTIPU.

      Delete
  2. thx bung agus.. salam persahabatan

    ReplyDelete
  3. Harga kapan utk gosok batuya gan?sekarang 10ribu ga ada yg mau gosok batu

    ReplyDelete
  4. kkkk... salam buat bung joshua, perlu di update nih pricenya...
    kasih masukan dunk gan, sy tunggu yah buat update, thx

    ReplyDelete
  5. Jual 3 pcs Batu Safir Mungil Harga Promo Rp. 490rb total. Kirim se Indonesia http://goo.gl/IQWB11

    ReplyDelete
  6. Silahkan bagi seluruh pemirsa kakilimagems, yang tertarik dengan penawaran diatas...

    ReplyDelete
  7. Masa numpaang lapak ya, saya jual bongkahan atau bahan batu pirus berat 16kg mau lihat foto bsa saya kirim via email atau line atau whatsapp hubungi: 081218063077. Makasih.

    ReplyDelete
  8. saya memiliki bongkahan batu Bacan Asli Halmahera Maluku Utara dan mencari pembeli, bagi yang berminat Hubungi Saya Hp : 081220025214 (ATO) Anda bisa datang langsung ditempat Saya. Alamat : Jln Merdeka No 2 SOFIFI Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara / Samping Kantor Camat. Email hukumsugiarto@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Bagi rekan - rekan yg numpang promo ... silahkan dilanjut

    ReplyDelete
  10. Numpang tanya nih kira2 biaya cutting batu permata brpa ya? Masalhnya ane punya bahan mo di cutting tp blm tau biaya cuttingnya.tanks

    ReplyDelete
  11. salam bung izoel ..

    harga cutting batu mulia sangat beragam tergantung lokasi anda berada, ada baiknya untuk mendapatkan hasil cutting dan poles yang baik sebaiknya anda mencari tempat cutting batu mulia yang terpercaya, mis ; di pasar batu mulia rawa bening


    thx atensinya

    ReplyDelete
  12. Permisi... Salam kenal, boleh gabung ne...

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh bgt...
      silahkan juga gabung di group facebook kakilimagems : https://www.facebook.com/groups/222302537903866/

      Delete
  13. salam kenal...bagi pecinta batu akik yg berkodham saya menawarkan batu akik saya yg semua warisan dari leluhur yg ingin saya maharkan...seperti junjung drajat (sulaiman madu),duko bacan,bulu macan.dan masih 7 biji lagi...bagi yg berminat dan ingin lebih jelas fotonya bisa lewat WA di nomer saya 085790282818...lokasi JATIM

    ReplyDelete
  14. Selamat siang..ane mau tnya nie untuk harga cutting diamond batu rafflesia merah ane yg msh bahan..niat'y sie mau di bentuk cutting diamond..kira2 daa yg tau gaa yaa harga untuk mengcutting diamond berapa..?tolong di bantu,maksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan anda mengunjungi pasar batu jatinegara, disana anda dapat bertanya dari para pedagang yg dapat memotong dan memoles batu. baik mengenai harga, model cutting dsb.

      Delete
  15. alamat tokoh ring/emban di sana dimana bang..atw rekomendasi fb,pin bb atw nomor hp..ni pin sy bang...53a34e93

    ReplyDelete
  16. pak.saya mau tanya. saya punya bongkahan batu pancawarna garut diameter kira2 40cm, berat 30kg-50kg.
    bengkel potong untuk batu sebesar ini dimana ya di jakarta. kalau bisa di daerah jakarta pusat n jakarta timur.

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan anda berkunjung di pasar batu rawa bening atau jatinegara

      Delete
  17. saya punya batu cincin masih bongkahan, banyak,sekitar 50kg, campur ada solar,anggur,panca warna, ama lavender, masih ada yg lain2 nya. klw bapak/ibu minat saya mau jual perkilo aja dh , saya di pulogadung, jakarta timur, ni no saya pak :085329565776 PIN 51E2B3A2 ALAMAT JL PENGGILINGAN PIK BLOK B, PULOGADUNG,

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan anda bergabung di kakilimagems facebook : https://www.facebook.com/groups/222302537903866/
      semoga bermanfaat untuk memperluas customer

      Delete
  18. Artikelnya sangat bermanfaat.
    salam kenal
    SIMBAH GEMSTONE
    menerima bentuk poles batu
    potong jg bisa..asal gak terlalu besar..
    pin 7671af7a

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabung juga di kakilimagems facebook di : https://www.facebook.com/groups/222302537903866/
      semoga simbah makin laku keras semua produknya

      Delete
    2. bisa poles ukrn 0.5 cm ga om, bentuk batu udah cutting berlian

      Delete
  19. Permisi gan saya mao nanya donk,klo batu akik dibentuk seperti model berlian gtu bisa gan,klo soal ongkos harga cuttingnya gtu berapa dan memakan waktu pengerjaan brp hari,trims

    ReplyDelete

  20. Jual bongkahan batu bacan asli dari ternate,barang udah tembus cahaya dan keras dan padat semua tidak ada yang luntur ,mudah di bentuk ,kami menjual bacan doko super kristal dan palamea


    Daftar harga sebagai berikut;

    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 250 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 500 Ribu,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukurang kecil


    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
    087842902216 atau 082311121216
    PIN 53DD0682

    ReplyDelete
  21. Permisi,,,,bagi yg pengen beli
    Batu langka yaitu batu bacan
    Hubun gi kami : 0857 x 5753 x 9860
    Asli ternate silahkan invite pin bb kami : 2af654c7
    Dan langsung pm harga :
    1 ons:500 ribu
    5 ons:1.500.000
    1kg:2.500.000
    Setiap pembelian dapat bonus 1 butir permata bacan
    #stock terbatas
    Siapa cepat dia yang dapat......

    ReplyDelete
  22. Permisi,,,,bagi yg pengen beli
    Batu langka yaitu batu bacan
    Hubun gi kami : 0857 x 5753 x 9860
    Asli ternate silahkan invite pin bb kami : 2af654c7
    Dan langsung pm harga :
    1 ons:500 ribu
    5 ons:1.500.000
    1kg:2.500.000
    Setiap pembelian dapat bonus 1 butir permata bacan
    #stock terbatas
    Siapa cepat dia yang dapat......


    ReplyDelete
  23. Permisi,,,,bagi yg pengen beli
    Batu langka yaitu batu bacan
    Hubun gi kami : 0857 x 5753 x 9860
    Asli ternate silahkan invite pin bb kami : 2af654c7
    Dan langsung pm harga :
    1 ons:500 ribu
    5 ons:1.500.000
    1kg:2.500.000
    Setiap pembelian dapat bonus 1 butir permata bacan
    #stock terbatas
    Siapa cepat dia yang dapat......





















    ReplyDelete
  24. Jual bongkahan batu bacan asli dari ternate,barang udah tembus cahaya dan keras dan padat semua tidak ada yang luntur ,mudah di bentuk ,kami menjual bacan doko super kristal dan palamea
    Daftar harga sebagai berikut;

    BACAN DOKO SUPER
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 250 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 500 Ribu,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukurang kecil

    BAHAN BACAN PALAMEA
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta
    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukurang kecil

    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi

    081 998 585 523
    PIN 2A9F7704

    ReplyDelete
  25. Ass...
    SEKILAS INFO
    Bagi Yg Pengen Beli Batu Langka
    Yaitu Batu Bacan Asli Ternate
    Silahkan Lihat Daftar Harga:
    1 ONS-500 Ribu
    5 ONS-1,5 Juta
    1 KG-2,5 Juta
    Bagi Yg Sudah Minat
    Silahkan Hubungi Kami Langsung
    Invite Pin BB Kami : 2AF654C7
    Hubungi : 0857 x 5753 x 9860
    Setiap Pembelian 1KG Dapat Bonus
    1 Butir Batu Permata Bacan
    #.STOCK TERBATAS

    (SIAPA CEPAT DIA YG DAPAT)

    ReplyDelete
  26. Ass...
    SEKILAS INFO
    Bagi Yg Pengen Beli Batu Langka
    Yaitu Batu Bacan Asli Ternate
    Silahkan Lihat Daftar Harga:
    1 ONS-500 Ribu
    5 ONS-1,5 Juta
    1 KG-2,5 Juta
    Bagi Yg Sudah Minat
    Silahkan Hubungi Kami Langsung
    Invite Pin BB Kami : 2AF654C7
    Hubungi : 0857 x 5753 x 9860
    Setiap Pembelian 1KG Dapat Bonus
    1 Butir Batu Permata Bacan
    #.STOCK TERBATAS

    (SIAPA CEPAT DIA YG DAPAT)

    ReplyDelete
  27. Kami menjual bongkahan batu bacan asli dari ternate,barang udah tembus cahaya dan keras dan padat semua tidak ada yang luntur ,mudah di bentuk ,kami menjual bacan doko super kristal dan palamea
    Daftar harga sebagai berikut;

    Bacan doko super
    -berat 1 ons d rp 500 ribu
    -berat 5 ons rp 1 juta 500 ribu
    -berat 1 kg rp 2 juta 500 ribu,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukurang kecil

    Bahan bacan palamea
    -berat 1 ons rp 500 ribu
    -berat 5 ons rp 1 juta
    -berat 1 kg rp 2 juta,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukurang kecil

    Melayani pembelian per kilo dan per ons untuk bongkahan
    Kita juga melayani pembelian luar daerah dan luar kota
    Bagi pecinta bacan yang minat silahkan langsung hubungi
    0857-5753-9860
    Invite pin kami : 2af654c7

    #.hati hati terhadap penipuan salah orang bisa tertipu

    ReplyDelete
  28. Maaf numpang buka lapak. saya rully menjual batu khusunya bacan dan berbentuk bahan/bongkahan, kami memiliki segala jenis bahan yaitu doko,palamea,gulau bisori dan lain-lain.
    bongkahan yang kami miliki dari terkecil 2 ons sampai terbesar 130 kg dan harga sesuai kualitasnya ada yang kami jual perbongkah ada juga yang per kg.
    jika ada yang minat bisa hub saya di 081382287826
    saya tunggu pemesananya

    ReplyDelete
  29. Kami menjual bongkahan batu bacan asli dari ternate,barang udah tembus cahaya dan keras dan padat semua tidak ada yang luntur ,mudah di bentuk ,kami menjual bacan doko super kristal dan palamea
    Daftar harga sebagai berikut;

    Bacan doko super
    -berat 1 ons d rp 500 ribu
    -berat 5 ons rp 1 juta 500 ribu
    -berat 1 kg rp 2 juta 500 ribu

    Bacan palamea Super
    -berat 1 ons d rp 400 ribu
    -berat 5 ons rp 1 juta 200 ribu
    -berat 1 kg rp 2 juta 200 ribu
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukurang kecil
    Melayani pembelian per kilo dan per ons untuk bongkahan
    Kita juga melayani pembelian luar daerah dan luar kota
    Bagi pecinta bacan yang minat silahkan langsung hubungi
    0823 x 1173 x 7637
    Invite pin kami : 2BBADF25
    #.hati hati terhadap penipuan salah orang bisa tertipu

    ReplyDelete

  30. Jual bongkahan batu bacan asli dari ternate,barang udah tembus cahaya dan keras dan padat semua tidak rapuh,mudah di bentuk kalau di buat permata,dan udah daging semua tidak ada kapur, dan semua barang kami udah keristal semua dan tidak perlu di rawat lagi.Bongkahan batu bacan saya hasil tambang sendiri,kami menjual bacan doko super kristal dan palamea.Bongkahan batu bacan saya hasil dari tambang sendiri jangan heran kalau harganya murah mass


    Daftar harga sebagai berikut;
    BACAN DOKO DARI TERNATE (Maluku Utara)
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 250 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 500 Ribu,dan masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukurang kecil

    BACAN PALAMEA DARI HALMAHERA (Maluku Utara)
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 200 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 200 Ribu,dan masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukurang kecil


    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
    087842902216 atau 082311121216
    PIN 53DD0682

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Rawabadak rt 004,desa amasing kota utara kec.Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:jne/tiki/kantor pos,jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,terimah kasih,,,Wassalam

    ReplyDelete
  31. gan batu hijau garut ohen...yang super brapaan ya...infoin ya 089669056363...tx sms or call only

    ReplyDelete
  32. PUSAT PENJUALAN BONGKAHAN BATU BACAN ASLI MALUKU UTARA,BACAN DOKO DAN PALAMEA (TERNATE DAN HALMAHERA)
    Daftar harga sebagai berikut;
    ✿ BACAN DOKO DARI TERNATE (Maluku Utara)
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 500 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 juta 500 ribu
    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta
    -Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan
    ✿ Kondisi bahan ;
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
    – Bahan tua (galian lama)
    – Hasil tambang sendiri
    – Bukan bacan rawatan,tapi murni hasil alam
    – Kualitas super kristal, sudah tembus
    – Sudah tembus
    – Beberapa titik sudah ada yang kristal
    – Bahan keras dan padat
    – Siap gosok poles
    – Daging utuh, tanpa kapur
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
    Kartu Simpati:0812 3107 1085
    PIN BB: 2ABA93A1
    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Rawabadak rt 004 rw 007,desa amasing kota utara kec.Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan

    ReplyDelete
  33. Mau tanya agan2 semua ane punya batu hitam kalo di senter tidak tembus.saya dapat di tambng intan kalimantan

    ReplyDelete
  34. *JUAL BONGKAHAN BATU BACAN ASLI DARI MALUKU UTARA*
    (Chrysocolla chalcedony,Living Stone,Gem silica)
    galian tanjung gulau (pulau kasiruta) halmahera selatan,maluku utara

    No Hp : 082347225054 ==###== PIN BB : 2A846D86

    *BACAN DOKO SUPER*
    ================
    *Berat 1 ons Rp 500.000
    *Berat 5 ons Rp 1.250.000
    *Berat 1 kg Rp 2.500.000
    *Berat 2 kG Rp 4.250,000
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan.

    *BACAN PALAMEA*
    ==============
    *Berat 1 ons Rp 500.000
    *Berat 5 ons Rp 1.000.000
    *Berat 1 kg Rp 2.000,000
    *Berat 2 Kg Rp 4.000,000
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan.

    KONDISI BATU
    ============

    * Natural (no treatment) asli bukan sintetis
    * Bahan tua galian tambang sendiri
    * Keras & Padat
    * Siap Gosok
    * Full daging tanpa kapur
    * Kualitas super krystal
    * Mineral (chysocolla chalcedony)

    Melayani pembelian per kilo dan per ons untuk bongkahan
    Kami juga melayani pembelian luar daerah dan luar kota
    Bagi pecinta bacan yang minat silahkan langsung hubungi/sms

    No Hp : 082347225054 ==###== PIN BB : 2A846D86


    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:

    No Hp : 082347225054 ==###== PIN BB : 2A846D86

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan.

    ReplyDelete
  35. Minta informasi gan...?
    Bongkah batu crystal energi untuk meditasi dsb.
    Dimana bisa didapat..?
    Sy posisi di jakarta...
    Apakah di Rw.bening ada..? Tepatnya dimana..?
    Terimakasih gan....atas info yg diberikan.

    ReplyDelete
  36. Mf numpang ya gan.. Saya mau jual batu quartz chrystal bongkahan ada sertifikat peminat serius bs hub pin bb 5a199663 ataw hp 082182753314

    ReplyDelete
  37. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 750.000
    5.ons Rp.2.500.000
    1.kg Rp 3.750.000
    5 kg Rp 10.000.000
    10 Kg Rp 17.500.000
    15,kg Rp.20,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin,
    untuk yg mau pesan hub ;
    Hp.; 0812 4195 6724
    pin : 27BD397E
    adapun cara transakai,anda bisa datang langsung ke rumah kami. alamatnya di jl buana seli rt 016 rw 002,
    desa/kel ;labuhan, kec ;bacan, kab ; halmahera selatan, prov ; maluku utara.
    barang juga bisa kami kirim lewat jasa pengiriman tiki,jne,pos,muatan udara dan lewat kargo bandara.setelah barang
    dikirim, kami akan berikan bukti resi pengirimannya.
    INGAT..!!!!! HATI-HATI PENIPUAN DENGAN HARGA MURAH SALAH ORANG ANDA BISA TERTIPU.

    ReplyDelete
  38. Saya mau jual Berlian Hitam, Berlian ini tidak mempunyai Reflektive Indeks seperti Berlian pada umumnya, kalau mau memiliki Reflektif Indeks Seperti Berlian maka harus di cuting dan di poles di luar negeri yang memeiliki peralatan yang lebih canggih dari di sini, Berlian ini belum treatment, atau natural, Specific Gravity : 3,36, bukan black jade, karena black jade tembus cahaya dari lampu senter, sedangkan berlian carbonado tak tembus cahaya sedikit pun, alias opaque, kalau berminat dapat menghubungi dengan alamat, utama 4 rt 006/08 no: 50, jelambar, jakarta-barat, info: harga batu permata seringkali tidak bisa di nilai dengan perkalian antara harga perkarat dengan jumlah karat nya, misalnya satu karat harga pasar 2 juta, kemudian jumlah karat batunya 5 karat, so 2 juta x 5 karat jadi sepuluh juta, namun justru semakin besar ukuran harga nya dapat berbeda sangat jauh, bisa jadi kalo satu karat 2 juta, karena 5 karat bisa menjadi 20 jt , dan seterusnya, mengingat ukuran jumlah karat sangat berpengaruh . Boleh cek harga carbonado di situs e-bay...!!, di situs lain mana ada gan....
    Jasper from Wikipedia :
    Jasper, an aggregate of microquartz and/or chalcedony and other mineral phases,[1][2] is an opaque,[3] impure variety of silica, usually red, yellow, brown or green in color; and rarely blue. The common red color is due to iron(III) inclusions. The mineral aggregate breaks with a smooth surface and is used for ornamentation or as a gemstone. It can be highly polished and is used for vases, seals, and snuff boxes. The specific gravity of jasper is typically 2.5 to 2.9.[4] Along with heliotrope (bloodstone), jasper (green with red spots) is one of the traditional birthstones for March. Jaspilite is a banded iron formation rock that often has distinctive bands of jasper.

    ReplyDelete
  39. Saya mau jual Berlian Hitam Bongkahan, Berlian ini beratnya 729,4 karat, saya mau jual seharga RP 7,5 M, Berlian ini tidak mempunyai Reflektive Indeks seperti Berlian pada umumnya, kalau mau memiliki Reflektif Indeks Seperti Berlian maka harus di cuting dan di poles di luar negeri yang memeiliki peralatan yang lebih canggih dari di sini, Berlian ini belum treatment, atau natural, Specific Gravity : 3,36, bukan black jade, karena black jade tembus cahaya dari lampu senter, sedangkan berlian carbonado tak tembus cahaya sedikit pun, alias opaque, kalau berminat dapat menghubungi dengan alamat, utama 4 rt 006/08 no: 50, jelambar, jakarta-barat, info: harga batu permata seringkali tidak bisa di nilai dengan perkalian antara harga perkarat dengan jumlah karat nya, misalnya satu karat harga pasar 2 juta, kemudian jumlah karat batunya 5 karat, so 2 juta x 5 karat jadi sepuluh juta, namun justru semakin besar ukuran harga nya dapat berbeda sangat jauh, bisa jadi kalo satu karat 2 juta, karena 5 karat bisa menjadi 20 jt , dan seterusnya, mengingat ukuran jumlah karat sangat berpengaruh . Boleh cek harga carbonado di situs e-bay...!!, di situs lain mana ada gan....
    Jasper from Wikipedia :
    Jasper, an aggregate of microquartz and/or chalcedony and other mineral phases,[1][2] is an opaque,[3] impure variety of silica, usually red, yellow, brown or green in color; and rarely blue. The common red color is due to iron(III) inclusions. The mineral aggregate breaks with a smooth surface and is used for ornamentation or as a gemstone. It can be highly polished and is used for vases, seals, and snuff boxes. The specific gravity of jasper is typically 2.5 to 2.9.[4] Along with heliotrope (bloodstone), jasper (green with red spots) is one of the traditional birthstones for March. Jaspilite is a banded iron formation rock that often has distinctive bands of jasper.

    ReplyDelete