Tuesday, March 20, 2012

Mengenal Batu RUBI



Ruby korundum merah, semua varietas warna lain dari korundum yang disebut sebagai safir. Korundum adalah substansi kedua yang paling sulit pada skala Mohs, dengan peringkat 9. Diamond tops skala dengan peringkat 10. kekerasan Excellent dikombinasikan dengan warna yang kaya dan bersinar halus membuat halus ruby ​​sangat berharga dan mengamankan mereka posisi sebagai salah satu yang disebut "mulia" batu permata. 


Ruby ini dinamai "karet" kata Latin untuk merah. Ruby adalah salah satu permata yang paling mahal, rubi besar yang sedang jarang daripada berlian sebanding. Banyak rubi merupakan bagian penting dari lambang kerajaan dan perhiasan terkenal lainnya. 

Ruby adalah birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Juli. Ruby juga dipakai untuk merayakan ulang tahun pasangan 15 dan 40. 

Warna ruby 
Rubi rentang warna dari merah muda sampai jingga dan ungu dan merah kecoklatan, tergantung pada kadar krom dan besi dari batu. Warna paling diinginkan adalah "darah merpati itu" yang disebut, merah murni dengan sedikit biru. 

Membeli Ruby 
Warna merupakan pertimbangan paling penting, dengan kejelasan jauh kedua. rubi besar jarang terjadi. 

Warna 
Warna paling diinginkan adalah "darah merpati itu" yang disebut, merah murni dengan sedikit biru. Warna saturasi membuat perbedaan.

Penerangan 
Ruby menunjukkan pleochroism yang berarti bahwa warna bervariasi dengan arah melihat. Menampilkan batu mata kucing atau efek bintang efek yang terbaik dilihat di siang hari. 

rubi Banyak yang akan berpendar di UV gelombang panjang atau pendek dan properti ini sering dapat digunakan untuk membantu mengidentifikasi asal geografis batu. Burma rubi sering fluoresce begitu kuat bahwa dampak tersebut terlihat bahkan di sinar matahari; batu tersebut tampaknya benar bersinar. rubi Thailand umumnya kurang properti ini. 

Kejelasan 
Inklusi yang umum di ruby ​​dan tidak selalu merupakan indikasi kualitas yang lebih rendah. jarum rutil Termasuk menyebabkan "bersinar halus". Jika seperti batu dipotong en cabochon karena menghadapkan efek mata kucing langka itu. Berorientasi inklusi kristal Rutile menyebabkan efek cahaya enam-rayed-bintang (asterism disebut) untuk membentuk ruby ​​bintang. 

Memotong 
rubi Transparan dipotong pada langkah dan memotong brilian. rubi Kurang transparan dipotong en cabochon. 

Ruby lokasi dan deposito 
Myanmar: Selama berabad-abad deposito yang paling penting adalah di atas Myanmar (Burma) di dekat Mogok. Hanya satu persen dari produksi merupakan kualitas permata. Beberapa batu rubi adalah warna darah merpati dan dianggap sebagai batu rubi paling berharga dari semua. Dalam deposito besar awal 1990-an baru ditemukan di Hsu Mong. 

Thailand: rubi ditemukan di Thailand (Chanthaburi kabupaten) sering memiliki warna coklat atau ungu. Produksi ruby ​​Thailand menurun, dan Chanthaburi sekarang terutama pusat permata pengolahan dan perdagangan. 

Sri Lanka: Deposito terletak di barat daya pulau di distrik Ratnapura. Rubi dari deposito biasanya lampu merah untuk frambos merah. 

Madagaskar: dalam deposito utama 1990-ruby ditemukan di pulau besar di lepas pantai Mozambik. Madagaskar sekarang salah satu produsen terkemuka di dunia ruby. 

Tanzania: Di Sungai Umba atas di barat laut Tanzania adalah deposito untuk kualitas batu permata rubi yang ungu ke coklat-merah. Sebuah batu rubi buram sedikit yang ditambang juga. 

deposito lain penting beberapa yang ditemukan di: Afghanistan, Kamboja, Kenya dan Vietnam. deposito Kurang signifikan di: Australia, Brazil, India, Malawi, Nepal, Pakistan, Amerika Serikat dan Zimbabwe. 

Common Ruby perawatan 
Perawatan yang paling umum untuk ruby ​​adalah perlakuan panas. Stones, umumnya sebelum mereka dipotong, dipanaskan menjadi antara 1700-1800 derajat Celcius (3100-3300 derajat F) selama beberapa jam. Pemanasan sering meningkatkan baik warna dan kejelasan. Sebuah dealer terkemuka selalu akan mengungkapkan perawatan permata. 

rubi grade rendah dengan permukaan celah-mencapai sering patah-dipenuhi dengan kaca timah. Perawatan ini memproduksi batu cari yang baik yang dapat dijual dengan harga yang sangat wajar. 

Terkenal di dunia Ruby 
Terkenal batu keindahan yang luar biasa dan warna adalah "Edwardes Ruby", berat 167 ct, ditampilkan di British Museum Sejarah Alam di London, "Rosser Reeves Star Ruby", dari 138,7 ct, harus dilihat di Smithsonian Institution di Washington , dengan "De Long Star Ruby", berat 100 ct, ditampilkan dalam Sejarah Amerika Museum of Natural di New York dan "Perdamaian Ruby", 43 ct, yang ditemukan pada tahun 1919. 

Banyak rubi merupakan bagian penting dari lambang kerajaan dan perhiasan terkenal lainnya. Si Bohemia St Wenzel's Crown memegang ruby ​​unfaceted sekitar 250 ct. 

Beberapa rubi besar terkenal, seperti "Ruby Black Prince" dan "Timur Ruby" di Permata Mahkota Kerajaan Inggris sebenarnya spinels, karena sampai awal abad ke-19 spinels dianggap menjadi batu rubi. 

Rubi adalah salah satu permata favorit orang kaya dan terkenal. Elizabeth Taylor memiliki kalung ruby ​​yang spektakuler dan set anting-anting. Selama lelang harta Jacqueline Kennedy Onassis oleh Sotheby's pada tanggal 24 April, 1996 sebuah ruby ​​17,68 karat cincin terjual seharga $ 290.000, beberapa anting-anting ruby ​​cabochon terjual seharga $ 360.000, dan kalung rubi cabochon adalah murah di $ 247.500. Marlene Dietrich memiliki sebuah gelang ruby ​​yang dijual di Sotheby's untuk $ 990.000. 

Rubi juga tempat yang terkenal dalam ilmu - laser pertama dibuat dari kristal ruby ​​buatan. 

Ruby gemologi 
Spesies: korundum 
Warna: Memvariasikan merah 
Komposisi Kimia: aluminium oksida Al2O3 
Sistem kristal: (trigonal) prisma heksagonal atau tabel, rhombohedrons 
Kekerasan: 9 (skala Mohs) 
Spesifik gravitasi: 3,97-4,05 
Indeks bias: 1,762 -1,778 
Birefringence: -0,008 
Warna streak: Putih, 
Penyerapan spektrum: 694, 693, 668, 659, 610-500, 476, 475, 468 
Fluoresensi: merah tua merah Kuat 

Ruby zodiak, mitos & legenda 
Untuk waktu yang lama India dianggap sebagai sumber klasik batu rubi. Dalam bahasa Sansekerta ruby ​​disebut "ratnaraj", yang diterjemahkan sebagai "Raja Gemstones". 

Pada zaman kuno salah satu daya tarik utama dari ruby ​​telah perlindungan dari kemalangan dan kesehatan yang buruk. 

Ruby adalah birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Juli. Pada grafik Zodiac, ruby ​​adalah batu untuk Capricorn. 

Ruby juga dipakai untuk merayakan ulang tahun pasangan 15 dan 40. 

Dalam Antiquity, serta di Abad Pertengahan orang-orang percaya bahwa alam semesta tercermin dalam batu permata. ruby ini ditugaskan kepada planet Mars dan Pluto. Gerakan esoteris menghidupkan kembali kepercayaan kuno dan industri permata membuat alat lain pemasaran untuk mempromosikan permata tertentu. 

kekuatan penyembuhan permata tetap menjadi masalah kontroversial, tapi disebutkan selama berabad-abad oleh penyembuh, dukun dan laki-laki obat. Entah itu fakta atau efek plasebo tidak masalah, jika itu membantu. Pendekatan paling aman adalah dengan memakai batu permata dalam kontak kulit ke bagian bermasalah dari tubuh. Ruby dikatakan sebagai perlindungan kesehatan umum dan bantuan untuk masalah sakit punggung dan kuku.

4 comments:

  1. Mau tnya mas..apakah jenis batu Ruby dan merah siam berbeda? dan knp yg di pantulkan cahaya hnya pd ruby saja yg mengeluarkan star,tp tdk dgn siam...

    ReplyDelete
  2. salam bung asep...
    batu rubi dan merah siam sangat berbeda. terlihat dari urat batunya..
    klo bung asep perhatikan dengan seksama melalui senter khusus atau kaca pembesar, maka urat rubi terlihat lebih kasar ( pada rubi burma ). sedangkan merah siam hampir tidak mempunyai serat. untuk info selanjutnya silahkan disimak pada pembahasan jenis batu permata palsu

    ReplyDelete
  3. mau tanya Om...yg disebut Rubi mirah daging apa Om,terima kasih

    ReplyDelete